Xiaomi Berhasil Kuasai Pasar Ponsel Dunia

Foto: Xiaomi Indonesia

Teknologi.id – Xiaomi baru saja mencatat rekor dengan menjadi pangsa pasar ponsel nomor satu di dunia pada Juni 2021. Tidak hanya berhasil mengungguli Apple, Xiaomi juga berhasil menyalip Samsung yang selama ini menjadi raja brand ponsel global.

Dilansir dari hasil riset Counterpoint Research’s Monthly Market Plus Service, Xiaomi saat ini berhasil menduduki pangsa pasar dunia sekitar 17,1%. Laporan tersebut mencatat pertumbuhan sebuah vendor yang memproduksi ponsel Xiaomi yang meningkat sebesar 26% dibanding bulan sebelumnya.

Adanya pertumbuhan ini menjadikan brand Xiaomi sebagai brand dengan pertumbuhan tercepat pada Juni 2021. Xiaomi juga mengupayakan kinerja yang konsisten guna mengisi celah akibat penurunan sebelumnya. Terlebih, OEM (Original Equipment Manufacturer) telah berkembang pesat di pasar Huawei dan Honor yakni China, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Saat terjadinya kendala pasokan pada Samsung, kini perusahaan ponsel asal Korea Selatan tersebut berhasil menguasai sebesar 15,57% pada bulan Juni kemarin. Varun Mishra, Analis Senior Counter Point, mengungkap bahwa terganggunya produksi Samsung mengakibatkan berbagai perangkat ponsel menghadapi kekurangan pasokan.

“Xiaomi dengan portofolio kelas menengah yang kuat dan cakupan pasar yang luas, adalah  penerima manfaat terbesar dari kesenjangan jangka pendek yang ditinggalkan oleh seri A Samsung,” ucap Mishra.

Untuk ke depannya, jika situasi dan permasalahan di negara Vietnam masih belum kunjung padam, terdapat kemungkinan Samsung akan kesulitan memproduksi ponselnya. Hal ini dikarenakan Xiaomi tengah mengembangkan pangsa pasar dan produknya. Namun jika keadaan berbanding sebaliknya, maka kemungkinan Samsung yang akan menjadi penguasa ponsel lagi.

Tak hanya itu, Mishra juga menyampaikan terkait pangsa pasar dari ponsel Cina. Kini, pasar Cina telah naik 16% pada bulan Juni dikarenakan adanya festival 618 didukung Xiaomi yang memiliki OEM dengan kenaikan tercepat.

(DA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *