Ketahui Jenis Cryptocurrency Berdasarkan Karakteristiknya!

Apakah Tech Experts mengetahui arti cryptocurrency? Cryptocurrency merupakan sebuah mata uang virtual atau digital yang dijamin dengan cryptography. Akibat adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin dipalsukan.

Berdasarkan karakteristik dan kegunaannya, berikut definisi dari berbagai cryptocurrency yang beredar:

1. Digital: Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang hanya berlaku di komputer. Cryptocurrency tidak hadir dalam bentuk fisik yang dapat kita pegang sehari-hari.

2. Peer-to-peer: Transaksi cryptocurrency dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna(peer-to-peer) secara online. 

3. Global: Cryptocurrency tidak terikat dengan negara manapun sehingga sama di setiap negara. Maka, transaksi dapat dilakukan secara bebas antarnegara tanpa terpengaruh oleh kurs.

4. Terenkripsi: Setiap pengguna akan mempunyai kode tersendiri saat bertransaksi menggunakan cryptocurrency. Setiap transaksi yang dilakukan oleh seorang pengguna tidak akan dapat dilihat oleh siapapun. Tidak terdapat aturan yang mengatur mengenai siapa saja yang dapat menggunakan cryptocurrency dan untuk apa digunakan, nama asli pengguna pun tidak mungkin muncul dalam setiap transaksi dengan cryptocurrency.

5. Terdesentralisasi: Dalam cryptocurrency, tidak ada suatu server pusat yang terlibat dalam setiap transaksi yang ada sehingga kita harus bertanggung jawab atas uang yang kita miliki.

6. Truthless: Jika kita menggunakan cryptocurrency, kita tidak perlu percaya kepada siapapun dalam sistem untuk dapat membuat sistemnya bekerja.

Kita dapat menyimpulkan bahwa cryptocurrency dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga. Selain digunakan sebagai alat untuk melakukan transaksi, banyak yang menggunakan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Naik turunnya nilai cryptocurrency yang lumayan volatile menjadi nilai tarik tersendiri. Jika ada semakin banyak orang yang membeli suatu currency maka nilainya pun akan semakin tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *