Begini Tanggapan Chatib Basri Pada Pertumbuhan Ekonomi RI!

Menteri keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Chatib Basri menanggapi capaian pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 sebesar 7,07 persen. Menurutnya, angka itu menunjukkan perbaikan ekonomi mulai terjadi pada kuartal II 2021. Hal ini merupakan kombinasi antara basis pertumbuhan tahun sebelumnya yang rendah dan peningkatan kinerja di berbagai sektor.

“Performa di kuartal II mencapai 7,07 persen itu menunjukkan bahwa perbaikan ekonomi terjadi dan ini konsisten dengan berbagai leading indicator (indikator utama),” ujarnya dalam acara Dialog Ekonomi, Kamis (5/8).

Sejumlah indikator tersebut antara lain, pertumbuhan penjualan mobil melesat 758,68 persen sepanjang April-Juni 2021 menjadi 24.0042 unit. Serupa, penjualan motor melonjak 268,64 persen menjadi 313.630 unit. Kenaikan penjualan mobil khususnya, dipengaruhi oleh pemberian insentif PPnBM ditanggung oleh pemerintah.

Pertumbuhan ekonomi ini juga ditopang oleh meningkatnya konsumsi rumah tangga sebesar 5,93 persen. Kontribusi konsumsi rumah tangga terhadap pendapatan domestik bruto atau PDB mencapai lebih dari 59 persen.

“Bisa dibayangkan kalau konsumsi naik 5,93 persen, pasti rata-rata GDP (PDB) naik. Konsumsi bisa meningkat karena mobilitas yang kembali bergerak akibat situasi setelah PPKM Januari 2021 menunjukkan bahwa pandemi menurun, mobilitas meningkat, sehingga leading indicator semua menunjukkan pertumbuhan,” ujar Chatib.

Meski demikian, dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan kembali melambat pada kuartal III lantaran adanya varian baru virus corona delta yang merebak pada Juli. Efek dari penyebaran Covid-19 membuat pemerintah harus membatasi kegiatan masyarakat dan dampaknya akan terlihat satu hingga dua bulan mendatang.

“Ada satu variabel yang kita tidak bisa prediksi, yaitu pandemi. Jadi (pertumbuhan ekonomi) ini akan sangat tergantung. Kalau varian mutan terjadi, mau tidak mau pemerintah di mana pun harus mengetatkan lagi mobilitas,” ujar Chatib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *