Jokowi Bagikan Bansos PKL Rp 1,2 Juta kepada 1 Juta Penerima

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bansos berupa bantuan presiden produktif usaha mikro (BPUM) atau bantuan kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di halaman Istana Merdeka, dimana nilai banpres yang diberikan sebesar Rp1,2 juta. Sementara untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga pemilik warung, Presiden Jokowi bakal membagi-bagikan bantuan sosial (bansos) sebanyak 1 juta penerima.

Menurut Jokowi, seluruh pelaku usaha, baik di skala kecil sampai besar, sedang kesulitan karena terdampak pandemi covid-19. Hal ini khususnya karena muncul varian baru bernama delta. “Penerima banpres produktif usaha mikro baik yang hadir secara langsung maupun daring, saya tahu bapak ibu semuanya sekarang pada kondisi yang tidak mudah, benar? Sangat sulit, benar?” ungkap Jokowi dalam acara Pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021.

Beda dengan program bansos lainnya, kali ini TNI dan Polri-lah yang akan mendata calon penerima dan mengumpulkan data di lapangan. Data tersebut kemudian diverifikasi dengan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

“Agar tidak duplikasi dengan penerima BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM),” kata Sekretaris Kementerian Koperasi Arif Rahman Hakim saat dihubungi di Jakarta, Rabu, 4 Agustus 2021.

Target penerima 1 juta orang. TNI dan Polri dapat jatah menyalurkan sama rata, masing-masing ke 500 ribu orang. Bantuan akan diberikan kepada PKL dan pemilik warung yang ada di daerah berstatus PPKM Level 4.

Sebelumnya kabar bansos PKL ini sudah disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto pada 21 Juli 2021, di hari pertama PPKM Level 4. Saat itu, ia mengatakan mekanisme penyaluran bansos baru ini akan diatur lewat sebuah pedoman umum petunjuk teknis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *