Jumlah Investor Pasar Modal 96%!

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah investor di pasar modal meningkat luar biasa, yaitu sebesar 96% secara tahunan atau year on year (yoy) sehingga mencapai 5,6 juta pada Juni 2021.

Hal ini terjadi karena likuiditas perbankan yang melimpah juga disertai dengan penurunan suku bunga simpanan, seperti suku bunga deposit berjangka satu tahun, yang biasanya tercatat di atas tujuh persen atau 6,5 persen, kini berada di level sekitar lima persen. Sehingga dengan menilai kondisi tersebut yang membuat masyarakat pasti mencari alternatif investasi lainnya dengan bunga yang lebih tinggi dan kompetitif.

OJK berharap masyarakat bisa memilah jenis investasi, terutama di tengah semakin majunya digitalisasi yang membuat berbagai pihak bisa menjangkau masyarakat luas dengan cepat.

Wimboh menilai sejauh ini aktvitas di pasar modal masih terjaga. Bahkan, penghimpunan dana terus menunjukkan pertumbuhan. Per 29 Juni 2021 mencapai Rp67,8 triliun dari 68 penawaran umum khususnya yang bersumber dari sektor keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *