Google Segera Produksi Chromebook di Indonesia

Foto: Getty Images

Teknologi.id – Google bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berencana untuk merilis chromebook untuk pelajar Indonesia. Langkah awal ini merupakan bentuk komitmen kepada produk dalam negeri serta upaya meningkatkan sektor pendidikan di Indonesia. 

Dalam memproduksi chromebook, Google menggaet enam vendor dalam negeri, diantaranya adalah Advan, Axioo, Evercross, SPC, Zyrex, dan TSMID.

Chromebook sendiri memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan laptop pada umumnya. Chromebook cenderung lebih minimalis karena laptop ini ditujukan agar bisa menjalankan berbagai macam aplikasi Google seperti Google Meet, Gmail, Google Drive, Google Drive, Google Suite, dan lainnya.

Laptop ini sengaja dirancang kepada pelajar untuk bisa memaksimalkan kegiatan produktivitas nya dengan jejaring internet. Terlebih, chromebook mengandalkan perangkat kesatuan dari Google dimana pengguna dapat dengan mudah menggunakan Google Docs, Sheets, Slides, Drawing.

Menariknya, terdapat dukungan dari fitur Chromecast yang memungkinkan pengguna mengakses streaming musik atau video di internet dari berbagai perangkat dengan hanya satu server. 

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, keenam vendor tersebut akan membantu merancang chromebook guna mendorong digitalisasi sekolah di tanah air.

“Keenam produsen dalam negeri ini akan membantu memproduksi laptop hingga tahun 2022, yang tentunya kami harapkan dapat melibatkan anak muda Indonesia sebagai SDM dan tenaga kerja,” ucap Wikan.

Sejumlah pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) turut dilibatkan dalam proses produksi chromebook ini guna mengasah talenta mereka di bidang teknologi. Wikan juga menambahkan bahwa keterlibatan pelajar SMK yang berbasis project based learning merupakan langkah konkrit menyelaraskan antara pendidikan vokasi dengan dunia kerja.

Keenam vendor lokal akan menyiapkan beberapa model varian dari chromebook dengan spesifikasi yang sesuai aturan dalam Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021.

Melansir KompasTekno, Selasa (3/8/2021), beberapa model yang akan disiapkan adalah Chromebook m432-1 dan m432-2 dari Zyrex, Axio Chromebook dari Axioo, Chromebook 116 dari Advan, Evercross CB1 dari Evercross, serta laptop lainnya dari SPC dan TSMID.

(DA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *