Lakukan Tips Ini Jika Ingin CV Dilirik HR

Perusahaan yang kamu lamar untuk mendapatkan kerja pasti akan melihat CV sebagai bahan pertimbangan sebelum mempekerjakanmu. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara membuat CV yang menarik di mata tim HRD.

HRD biasanya hanya sekilas saat melihat CV. Jika CV membosankan dengan terlalu banyak informasi atau narasi tidak penting, CV kamu akan dilewatkan.

Ada beberapa cara membuat CV lamaran kerja menarik agar tim HRD perusahaan bisa stay dan lebih memperhatikan isi CV. Berikut ini adalah cara membuat CV yang menarik yang dapat kamu ikuti:

1. Hanya Tuliskan Komponen CV yang Perlu

Secara umum, ini dia hal yang harus kamu tulis dalam CV lamaran kerja.

  • Identitas

Untuk lamaran pekerjaan secara umum, sampaikan nama lengkap dan alamat. Tidak perlu menyampaikan informasi data diri yang berlebihan..

  • Kontak

Tuliskan nomor HP aktif yang bisa menerima telepon. Tuliskan juga alamat email yang dapat diakses.

  • Informasi Pendidikan

Tuliskan hanya pendidikan terakhir, berikut jurusan dan IPKnya. Selain mencantumkan pendidikan formal, kamu juga bisa menuliskan kursus yang pernah kamu ikuti. Hal tersebut bisa meningkatkan nilai CV mu di mata HRD.

  • Profil Singkat

Kamu dapat mendeskripsikan diri dengan narasi singkat. Dalam narasi ini, kamu bisa menyampaikan informasi tentang bidang yang kamu geluti, skill, passion, dan lainnya.

  • Skill

Tuliskan beberapa skill yang relevan dengan pekerjaan yang ingin dilamar. Supaya menarik, setiap skill biasanya ditunjukan dalam bentuk graphic statistik sederhana yang menunjukan level atau tingkatan.

  • Pengalaman Kerja

Pilih pengalaman kerja yang sekiranya relevan. Jika memiliki banyak pengalaman kerja, tuliskan yang durasinya cukup lama atau tuliskan beberapa pengalaman kerja terakhir.

  • Informasi Lain

Beberapa informasi lain yang bisa dituliskan untuk membuat CV lebih menarik misalnya: kontak referensi dari tempat kerja sebelumnya, pengalaman organisasi, hobi yang relevan dengan pekerjaan, dan prestasi kerja.

2. Tonjolkan Skill, Pengalaman Kerja, Prestasi Kerja

Dalam CV, ketiga informasi inilah yang seharusnya kamu tonjolkan. Semakin meyakinkan informasi mengenai skill, pengalaman kerja, dan prestasi kerja yang kamu miliki, HRD akan semakin tertarik untuk merekrutmu.

3. Gunakan Desain yang Menarik tapi Tetap Elegan

Sebelum melihat isinya, seorang HRD akan melihat penampakan dari CV terlebih dahulu. Maka dari itu, desain jadi hal penting yang harus kamu perhatikan juga. Perhatikan komposisi warnanya, jangan terlalu banyak menggunakan warna. Pilih warna yang tidak terlalu mencolok. Pastikan juga font dan warna yang kamu gunakan sudah tepat agar membuat tulisan mudah terbaca.

(DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *