Ini Dia Keunikan Olimpiade Tokyo 2020

Foto:bola.com

Teknologi.idOlimpiade Tokyo 2020 yang masih berlangsung hingga 8 Agustus mendatang tentunya memiliki euforia tersendiri bagi penikmatnya.

Perhelatan 4 tahunan ini menjadi hiburan sekaligus adu unggul atlet olahraga dari berbagai negara yang berlaga.

Selain menjadi Olimpiade yang mencetak sejarah bagi ganda putri Indonesia, yakni Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dengan berhasil mendapat medali emas setelah dua dekade terhenti pada putaran semifinal.

Lalu apa sajakah keunikan dari pagelaran akbar olahraga Olimpiade Tokyo 2020? Berikut ulasannya.

1. Berlangsung Saat Pandemi

Siapa yang menyangka bahwa Jepang berani mengambil keputusan untuk menyelenggarakan Olimpiade di tahun ini.

Meski sebelumnya sempat mengalami penundaan pelaksanaan yang seharusnya diselenggarakan satu tahun lalu dan sempat adanya penolakan dan demo dari bebagai pihak khususnya warga Jepang.

Namun, Olimpiade ini nyatanya sukses digelar di saat pandemi Covid-19 dan justru menjadi hiburan bagi masyarakat dunia. 

2. Drama Atlet yang Kabur

Bukan hal yang tabu bagi sebuah ajang dunia jika terdapat drama didalamnya. Meskipun perhelatan akbar seperti  Olimpiade Tokyo 2020 ini dinyatakan sukses diselenggarakan saat pandemi. Namun tetap saja ada berbagai berita mengejutkan di dalamnya.

Salah satunya atlet Uganda Julius Ssekitoleko yang diberitakan kabur dari kamp pelatihan. Kaburnya Julius Ssekitoleko diketahui meelalui surat di kamar hotelnya. Dalam surat tersebut, ia berharap dapat tempat tinggal di Jepang dan enggan kembali ke Uganda karena kehidupan di negaranya sangat sulit.

Dia juga meminta anggota delegasi untuk memberikan barang-barangnya kepada sang istri di negara asal. Keberadaan Ssekitoleko menjadi tanda tanya setelah tidak terlihat di kamp pelatihan di Izumisano, Prefektur Osaka, pada Jumat 16 Juli 2021 lalu.

Peristiwa ini terjadi hanya satu pekan sebelum pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 dan memperkuat kekhawatiran atas antisipasi panitia dalam mencegah menyebaran virus corona.

Sebelumnya penyelenggara menyatakan atlet hanya diizinkan pergi ke lokasi tertentu dan tidak akan melakukan kontak dengan penduduk setempat.

3. 700 Pilihan Makanan Bagi Atlet

Dilansir dari Kompas, Olimpiade Tokyo yang dimulai hari ini, Kamis (23/7/2021), menyajikan 48.000 porsi makanan per hari untuk para atlet yang bertanding.

Melansir Japan Today, puluhan ribu makanan untuk atlet itu terdiri atas 700 varian makanan yang dibagi untuk beberapa waktu makan.

Tempat makan para atlet dan staf Olimpiade Tokyo terletak di satu tempat bernama Olympic Village (Desa Olimpiade).

Selama Olimpiade Tokyo berlangsung, para atlet tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan dari luar desa olimpiade. Aturan ketat ini terkait pandemi virus Covid-19 yang melarang atlet makan di restoran lokal.

Itulah beragam keunikan Olimpiade Tokyo 2020, tertarik menyaksikan? Jangan lupa mendukung atlet Indonesia yang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020.

(zf)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *