Gimana Caranya Kelola Gudang yang Punya Banyak Lokasi?

Mari membayangkan satu hal.

Kamu sudah memiliki bisnis yang berjalan beberapa tahun. Pelangganmu sudah semakin banyak, penjualan sudah mulai stabil, dan bisnismu sudah dikenal di beberapa daerah. Kamupun memutuskan membuka beberapa cabang yang memiliki gudang masing-masing.

Setelah beberapa saat berlalu, kamu perlahan mulai kewalahan untuk mengelola setiap gudang. Selalu saja ada masalah muncul soal persediaan barang dagangan atau tata cara pengelolaannya. Nah, untuk kamu yang sedang menghadapi masalah seperti ini, dan juga untuk kamu yang baru memulai bisnis dan tentunya akan menghadapi masalah seperti ini, kamu bisa terapkan cara-cara berikut ini agar pengelolaan gudang-gudangmu bisa lebih baik, akurat, dan efektif.

1. Pakai Software

Sangat mustahil rasanya jika kamu dan tim kamu di dalam bisnis untuk mengelola semua persediaan barang dagangan dan bahan baku di seluruh gudang secara manual. Kalau begini, seluruh tenaga akan terbuang sia-sia dan kamu dijamin akan sangat kewalahan.

Alangkah baiknya bagi kamu untuk mencoba menggunakan software atau aplikasi khusus manajemen gudang. Aplikasi manajemen gudang membantu kamu untuk bisa sinkronisasi jumlah persediaan di seluruh gudang, meindahkan barang antar gudang, hingga membuat laporan persediaan otomatis. Kamu bisa memilih satu dari sekian banyak aplikasi manajemen gudang yang ada. Salah satunya adalah Onstock, yang bisa membantu kamu untuk kelolo gudang dengan lebih mudah dan tanpa repot. Apalagi, Onstock juga memiliki beragam fitur unik seperti kustomisasi barcode, laporan keuangan otomatis, hingga fitur transfer barang antar gudang!

2. Pastikan Posisi Gudangmu

Strategis Gudang yang strategis bukan hanya gudang yang posisinya ada di kawasan ramai, tetapi juga yang aksesnya mudah dicapai dan memudahkan mobilitas transportasi sehingga dapat melancarkan distribusi persediaan Dengan memiliki gudang yang strategis, kamu bisa menekan ongkos terkait logistik dan transportasi.

3. Perhatikan Layout Gudang

Agar setiap pekerja di setiap gudang mampu bekerja optimal dan nggak kebingungan dengan arus kerjanya, kamu perlu mengatur tata letak dan layout gudang dengan baik dan tidak membingungkan. Atur pembagian tiap jenis persediaan dengan detil, letakkan produk yang laku terjual di dekat tempat shipping agar memudahkan pengiriman, buat denah dan deskripsi yang jelas terkait denah gudang sehingga setiap pegawai bisa melakukan mobilisasi tanpa hambatan.

Mengelola gudang bukan perkara yang gampang. Namun, jika kamu bisa merancang gudangmu dengan detil dan rapi dan mengelolanya dengan otomatisasi menggunakan aplikasi, semua jadi serba cepat dan tanpa kendala. Seluruh pekerja di gudangmu juga bisa mengerjakan setiap tugasnya tanpa bingung soal persediaan atau sistem di gudang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *