Cegah Ponsel Ilegal, Ini Cara Cek IMEI Resmi

Regulasi Pemblokiran Ponsel Selundupan

Setiap ponsel di seluruh dunia memiliki International Mobile Equipment Identity alias IMEI. Operator telepon dan produsen ponsel menggunakan IMEI sebagai identitas, terutama untuk melacak ponsel yang mungkin dicuri dengan cara cek IMEI.

IMEI adalah angka berjumlah 15 digit dengan kombinasi berbeda-beda dan selalu menempel pada perangkat telekomunikasi. Memeriksa nomor IMEI dapat memberitahu pengguna tentang negara dan jaringan asal perangkat, garansi, informasi operator, dan detail lainnya.

Pemerintah memberlakukan pengendalian IMEI untuk perangkat telekomunikasi jenis handphone, komputer genggam, dan komputer tablet (HKT). Itu sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 1 Tahun 2020  tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui IMEI yang mulai berlaku sejak 18 April 2020.

IMEI ilegal adalah IMEI yang tidak sesuai format standar misalnya, angka kosong atau yang digitnya sama semua. Penggunaan nomor IMEI yang sah dapat memberikan perlindungan konsumen bagi pengguna ponsel serta, memberikan kepastian hukum kepada penyedia …

Selengkapnya : Cegah Ponsel Ilegal, Ini Cara Cek IMEI Resmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *