Cara Untuk Mendapatkan Sertifikat Vaksin


Sagara Technology – Karena umumnya vaksin COVID-19 diberikan dalam dua dosis, maka tersedia dua sertifikat vaksin di PeduliLindungi yakni sertifikat vaksin ke-1 dan sertifikat vaksin ke-2.

Untuk mendapatkan kedua sertifikat vaksin tersebut, pertama-tama yang harus dilakukan adalah memastikan sudah terdaftar di PeduliLindungi. Jika belum, maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Ada dua cara yakni melalui aplikasi dan melalui web. Begini detailnya.

Cara download lewat situs

  1. Buka situs PeduliLindungi.id, lalu akan muncul menu Login/Register di kanan atas layar.
  2. Buat akun terlebih dulu bila belum terdaftar di laman itu. Jika sudah memiliki akun, masuk ke akun kamu dan pilih menu Login Sekarang.
  3. Masukkan nomor ponsel dan tekan Login Sekarang. Setelah itu, akan masuk langsung ke akun yang terdaftar.
  4. Tekan nama akun, akan ada pilihan Akun Anda, Kotak Masuk, serta Sertifikat. Jika ingin mengecek dan mendownload sertifikat, pilih Sertifikat Vaksin.
  5. Nantinya, akan terlihat sertifikat vaksin tergantung sudah berapa kali kamu mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Jika baru satu kali, maka hanya akan muncul Sertifikat Vaksin Pertama. Bila sudah divaksin penuh, akan tersedia dua sertifikat.
  6. Klik Sertifikat itu dan muncul pilihan Unduh Sertifikat dan tekan tombol itu. Sertifikat akan terunduh ke dalam perangkat.

Cara download sertifikat lewat aplikasi

  1. Untuk mengunduh sertifikat lewat aplikasi, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi PeduliLindungi di ponsel.
  2. Setelah itu, pilih Login bila sudah punya akun. Jika belum tekan tombol Register.
  3. Nantinya, akan diminta untuk memasukkan informasi yang diminta, seperti nama lengkap, NIK, dan nomor ponsel. Selanjutnya, akan masuk ke SMS enam digit kode OTP.
  4. Selanjutnya, klik Paspor Digital dan pilih nama untuk memunculkan sertifikat vaksin. Tekan unduh untuk menyimpan PeduliLindungi sertifikat vaksin ke-1 dan ke-2.
  5. Jika sudah, secara otomatis PeduliLindungi sertifikat vaksin ke-1 atau ke-2 akan tersimpan di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *