Benarkah Apple Berikan Fitur Face ID di Semua Produknya?

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Era digitalisasi membuat segala informasi penting wajib untuk diberikan keamanan ekstra. Salah satunya dengan menggunakan fitur keamanan Face ID. Brand teknologi dan smartphone tercanggih, Apple, menawarkan fitur keamanan Face ID yang kini dapat digunakan di beberapa seri iPhone terbaru.

Sejumlah varian iPhone lama memang masih menggunakan fitur keamanan Touch ID, namun berdasarkan informasi yang disampaikan Mark Gurman, salah satu jurnalis Bloomberg, mengklaim bahwa Apple berencana merilis fitur Face ID di semua perangkatnya termasuk Mac, iPad, dan iPhone.

Hal menarik lainnya, Apple sebenarnya berencana untuk menghapus fitur Touch ID. Bagaimana pun, karena fitur ini menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan Face ID, maka Apple memutuskan untuk tetap menjalankan fitur keamanan ini di produk mereka.

Gurman lebih lanjut menyebutkan tentang salah satu alasan mengapa Apple tidak mengaplikasikan fitur Face Id pada Mac. Dan alasannya karena layar Mac yang terlalu tipis serta tidak bisa menampung kedalaman sensor wajah.

Pada dasarnya, Face ID menyediakan sistem keamanan data yang tinggi karena adanya sistem kamera modern TrueDepth yang dilengkapi teknologi canggih agar bisa memetakan geometeri wajah pengguna secara akurat. Teknologi ini juga dirancang sedemikian rupa yang dicocokkan dengan informasi kedalaman agar terhindar dari pemalsuan melalui topeng atau metode lainnya.

Berbagai macam inovasi yang dikembangkan Apple sepertinya selalu sukses, hal inilah yang membuat jumlah pelanggan Apple semakin bertambah. Kamera TrueDepth yang bisa menangkap data wajah dengan sangat akurat yang menganalisis lebih dari 30.000 titik tak terlihat bertujuan guna menciptakan peta kedalaman wajah pengguna serta menangkap citra inframerah.

Dilansir dari website resmi Apple, dukungan dari chip A11, A12, A12X Bionic, A13 Bionic membuat yang sudah dilindungi dengan Secure Enclave mengubah citra inframerah tersebut menjadi represntasi matematis yang bisa dibangdingkan dengan wajah yang didaftarkan.

(DA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *