Gawat! Sebagian iPhone Indonesia Sering Hilang Sinyal

Foto: The Verge

Teknologi.id – Baru-baru ini, sebagian pengguna iPhone di Indonesia mengeluhkan sinyal yang hilang secara tiba-tiba. Para pengguna menyebutkan bahwa hal ini terjadi karena faktor pembaruan ke iOS 14.7 yang dilucurkan pada Rabu, (21/7/2021).

Beberapa pengguna juga menduga adanya indikasi iPhone mereka terkena efek pembersihan IMEI mesin Central Equipment Identity Register (CEIR).

Dilansir dari KompasTekno, Jumat (23/7/2021), Kementerian Perindustrian memang melakukan pembersihan IMEI khususnya setelah daya tampung mesin blokir ponsel ilegal (black market) itu penuh. Cara ini efektif dalam mengurangi kapasitas karena nomor IMEI yang sudah tidak aktif segera dihapus.

Namun sayangnya, sebagian pengguna iPhone mengkomplain kepada penjual terkait sinyal iPhone yang sering hilang mendadak atau sebutannya No Service. Hal ini tentunya membuat pelanggan kebingungan serta kesulitan dalam meningkatkan produktivitas karena sebelum mereka memperbarui iOS nya, sinyal masih seperti biasanya.

Penjual merespons sejumlah keluhan pembeli dengan menanyakan nomor IMEI iPhone, kemudian ada juga penjual yang menjelaskan langkah-langkah guna memperbaiki error tersebut. 

Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan pembeli:

1. Menghidupkan dan mematikan fitur mode penerbangan (Airplane Mode) selama 15 detik

2. Me-reset bagian peraturan jaringan (Network Setting)

3. Me-restart iPhone

Berdasarkan pernyataan yang didapat dari Wakil Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Fatchyis, jika perangkat sudah terhubung ke sinyal sebelumnya, maka perangkat pun akan tetap berfungsi.

“Bisa sebuah HP pernah berfungsi, maka akan bisa terus berfungsi,” ungkap Merza yang dilansir dari KompasTekno.

Ia menyarankan agar pengguna menghubungi layanan operator seluler jika sewaktu-waktu perangkat mengalami hilang sinyal mendadak. Tujuannya untuk memastikan masalah utama yang terjadi pada perangkat dan menangani masalah tersebut.

(DA) 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *