KKJ Kecam Aksi Teror terhadap Jurnalis dan Media

Ilustrasi. Investigasi

Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) mengecam aksi teror, ancaman kekerasan, dan peretasan yang dialami jurnalis dan media yang tergabung dalam IndonesiaLeaks (IL).  

Ancaman terjadi tak berselang lama setelah sejumlah media berkolaborasi untuk menerbitkan liputan investigasi terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara serentak pada awal pekan ini. Liputan investigasi membahas dugaan bahwa KPK telah lama membuat daftar nama 75 pegawai KPK untuk disingkirkan melalui Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

 “Komite mengecam segala bentuk teror terhadap jurnalis dan media yang menjalankan kerja-kerja jurnalistiknya, ” ujar Wakil Ketua Bidang Advokasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Ridwan Lapasere dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/6).

KKJ menilai rangkaian teror terhadap jurnalis dan media itu merupakan salah satu bentuk kekerasan terhadap jurnalis yang dilindungi Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Menurut Komite,  segala bentuk protes dan keberatan terhadap berita harus ditempuh melalui mekanisme yang telah diatur UU, yakni melalui hak jawab, hak koreksi atau mengadukan ke Dewan Pers.

Berdasarkan kronologi yang disampaikan …

Selengkapnya : KKJ Kecam Aksi Teror terhadap Jurnalis dan Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *