Hari Ke 11 Peniadaan Mudik, Pelabuhan Jangkar Terkendala Dengan Baik

BeritaNasional.ID, SITUBONDO- Hari ke 11 massa peniadaan mudik, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Ahmad melakukan pemantauan kapal ferry yang mengangkut 37 penumpang dari Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo menuju ke Pelabuhan Raas Sumenep, Minggu (16/5/2021).

“Kapal Fery yang biasa dinaiki 200 penumpang, namun sekarang hanya dinaik 37 penumpang yang dilengkapi dengan persyaratan protokol kesehatan COVID-19,” jelas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut Dan Pantai Ditjen Hubla, Kemenhub RI, Ahmad.

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan bahwa, pemantauan ini, dilakukan atas perintah Menteri Perhubungan RI dalam pengendalian mudik sekaligus mengingatkan kepada nahkoda untuk selalu meng-update kondisi cuaca. “Apabila terjadi sesuatu di laut, saya sarankan nahkoda segera menghubungi syahbandar dan senantiasa berkoordinasi dengan stake holder yang ada,” kata Ahmad.

Tak hanya itu yang disampaikan Ahmad. Akan tetapi, dia menjelaskan bahwa pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi dan koordinasi, terkait dengan penumpang kapal ferry dari Pelabuhan Raas ke Pelabuhan Jangkar yang akan kembali bekerja ke Bali dan santri-santri yang kembali ke pondoknya.

“Kondisi kepulangan santri ke pondok pesantren dan para pekerja ke Pulau Dewata Bali, merupakan ciri khas dari Pelabuhan Jangkar. Untuk itu, kita terus melakukan komunikasi dengan ulama, Satgas COVID-19. Hal ini penting untuk mengantisipasi risiko pandemi COVID-19,” jelas Ahmad.

Jika nanti ada lonjakan penumpang pasca peniadaan mudik, sambung Ahmad, maka pihaknya akan mendatangkan kapal-kapal lain untuk membantu mengangkut penumpang tersebut. “Selain itu, kita juga akan menurunkan kapal negara, kapal navikasi dan kapal patrol,” pungkasnya.

Dilain pihak, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Andy Amran mengatakan bahwa, pihaknya juga secara gencar memantau kondisi lapangan di Pelabuhan Jangkar ini. “Sejauh ini, peniadaan mudik di Pelabuhan Jangkar terkendali dengan baik,” jelas Andy, singkat.

 Save as PDF

The post Hari Ke 11 Peniadaan Mudik, Pelabuhan Jangkar Terkendala Dengan Baik appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *