Operasi Ketupat Semeru 2021, Polres Pasuruan Kota Lakukan Penyekatan Himbau Larangan Mudik Lebaran

Polresta Pasuruan – Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, Polres Pasuruan Kota menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2021. bertempat di Lapangan R. Abdurrahman Depan Gedung Wicaksana Legawa Polres Pasuruan Kota Jl. Gajahmada No.19 Kota Pasuruana, Rabu (552021) pagi.

Apel di pimpin oleh Walikota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf didampingi Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, S.I.K., M.Si. dan Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf Nyarman, M.Tr. (Han), hadir juga Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo, S.T.P., M.Si., Wakapolres Pasuruan Kota Kompol Hery Dian Wahono, M.Psi, Kesbangpol Kota Pasuruan Imam Subekti, KA Dinkes Kota Pasuruan Dr. Sherly, Kepala OPD Kota Pasuruan.

Dalam amanan Kapolri yang di bacakan oleh Walikota Pasuruan menyampaikan Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 H. Ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93 % setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada tahun 2020/1441 H.

Kapolres Pasuruan Kota menyampaikan penekanan saya selaras apa yang sudah di tekankan Kapolda dan yang sudah di bacakan Walikota Pasuruan, agar anggota tetap semangat tegas dan humanis dalam penyekatan mudik tahun 2021/1442H, Polres Pasuruan Kota membangun 3 Posko untuk menyekat dan mengurangi kerumunan di wilayah hukum polres Pasuruan di bantu instansi terkait.

Dalam Operasi Ketupat Semeru 2021 melibatkan personel gabungan dari TNI – POLRI serta instansi terkait lainnya seperti Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, Pramuka dan lain- lain. Personel tersebut akan di tempatkan di 2 Pos penyekatan Exit Tol Pasuruan dan Exit Tol Grati, dan 1 Pos di Alun- alun Kota Pasuruan.

“Petugas pos akan melakukan rapid test antigen secara acak kepada penumpang, mengecek dokumen yang harus dimiliki oleh penumpang yaitu hasil negatif test Covid-19 paling lambat 1×24 jam, e-HAC, SIKM, dan sertifikat vaksinasi, untuk mengendalikan penyebaran Virus Covid- 19.” Jelas Kapolres.

Artikel Operasi Ketupat Semeru 2021, Polres Pasuruan Kota Lakukan Penyekatan Himbau Larangan Mudik Lebaran pertama kali tampil pada Polres Pasuruan Kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *