Instagram Lite Resmi Hadir di Indonesia

 Setelah melewati berbagai tahap uji coba selama beberapa tahun, Instagram akhirnya resmi merilis Instagram Lite untuk pengguna di Indonesia.

Instagram versi ringan ini hadir khusus di Android dan saat ini sudah bisa diunduh di Google Play Store di tautan berikut ini.

Instagram Lite hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 2MB saja. Ukuran tersebut jauh lebih kecil dibanding Instagram versi reguler yang berukuran 35MB.

Dengan ukuran yang ringan itu, Instagram Lite bisa diunduh oleh perangkat dengan spesifikasi rendah yang biasanya memiliki kapasitas memori yang minim.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

Selain itu, di Instagram Lite konsumsi data pun lebih sedikit daripada Instagram reguler.

Namun ada beberapa fitur Instagram reguler yang tidak tersedia di Instagram Lite. Diantaranya seperti fitur Shop, IGTV, dan Instagram Live.

Tampilan beranda, eksplor, post, dan Instagram Story di Instagram Lite. Foto: Ist

Pengguna Instagram Lite tidak bisa mengunggah IGTV, tapi tetap bisa menonton unggahan IGTV yang lewat di lini masa.

Tampilan beranda dan menu eksplore kedua aplikasi juga tampak berbeda. Di beranda Instagram Lite, ikon notifikasi berada di sisi bawah seperti layout lama beranda Instagram. Hal ini karena tidak ada ikon Instagram Shop.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Akun Instagram Diblokir oleh Orang Lain

Tampilan beranda, eksplor, post, dan Instagram Story di Instagram Reguler. Foto: Ist

Selanjutnya untuk menu explore Instagram Lite, tidak ada tab kategori layaknya Instagram reguler. Instagram Stories juga tampak lebih irit fitur. Pengguna Instagram Lite masih bisa menggunakan aneka filter, stiker, tag lokasi, dan mention.

Namun, story tidak bisa dihiasi dengan GIF, polling pertanyaan, hitung mundur, reaksi, kuis, dan beberapa fitur menarik Instagram Story reguler lainnya.

Foto: Instagram

Selain meluncurkan Instagram Lite, Instagram Indonesia juga memperkenalkan kampanye #MonthofGood untuk memeriahkan bulan Ramadhan. Kampanye ini antara lain memperkenalkan stiker-stiker edisi Ramadhan

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *