Instagram Bikin Fitur Pembatasan Usia dalam Direct Message

Foto: Makeuseof

Baru-baru ini Instagram membuat fitur mengenai pembatasan usia dalam pengiriman DM. Instagram menambahkan beberapa pengamanan yang dirancang untuk melindungi remaja dari pesan langsung (DM) yang tidak diinginkan dari orang dewasa. 

Pengguna dewasa hanya bisa mengirim pesan kepada remaja yang mengikuti mereka secara pribadi. Pesan yang dikirimkan tersebut juga akan dilapisi dengan pemberitahuan yang mengingatkan remaja bahwa mereka tidak perlu menanggapi apa pun yang membuat mereka tidak nyaman.

Namun hal ini hanya berfungsi jika akun memiliki usia pengguna yang benar. Karena terkadang masalah usia tidak diperhatikan oleh para pengguna. Dalam beberapa kasus juga banyak yang memalsukan usia, khususnya pada remaja. Hal tersebut mereka lakukan agar bisa menghindari pembatasan konten.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

Fitur pengamanan baru Instagram ini membatasi percakapan antara orang dewasa dan remaja. Orang dewasa akan menerima pemberitahuan ketika mereka mencoba mengirim pesan kepada seorang remaja yang tidak mengikuti mereka, bertuliskan: “Anda tidak dapat mengirim pesan ke akun ini kecuali mereka mengikuti Anda.

“Ketika orang dewasa mencoba untuk mengirim pesan kepada remaja, maka remaja akan menerima prompt yang berisi pilihan untuk membatasi, memblokir, atau melaporkan orang dewasa tersebut. Pesan tersebut juga akan memberi tahu remaja bahwa mereka tidak boleh “merasa tertekan untuk menanggapi” pesan orang dewasa.

Platform tersebut bahkan akan memperingatkan remaja ketika mereka mencoba untuk mengirim DM kepada orang dewasa yang telah “menunjukkan perilaku yang berpotensi mencurigakan.” Ini berlaku orang dewasa yang terus mengirim permintaan pertemanan atau pesan kepada pengguna di bawah 18 tahun.

Baca Juga: Pemuda ini Hack Akun Twitter Elon Musk, ini Hukumannya

Usia minimum untuk menggunakan Instagram secara resmi adalah 13 tahun. Instagram juga  menawarkan kepada pemegang akun yang masih dibawah umur opsi untuk menjadikan akun mereka pribadi saat mereka membuatnya. “Jika remaja tidak memilih ‘pribadi’ saat mendaftar, kami mengirimi mereka pemberitahuan nanti, menyoroti manfaat dari akun pribadi dan mengingatkan mereka untuk memeriksa pengaturan mereka,” kata pihak Instagram.

Terakhir, Instagram akan mempersulit calon predator untuk menemukan akun remaja di aplikasi. Dalam hal ini Instagram menyembunyikan akun remaja dari daftar pengguna yang disarankan kepada orang dewasa. Serta mencegah konten yang dibuat oleh remaja muncul di halaman depan dan Jelajahi.

Fitur ini akan tersedia di “beberapa negara” akhir bulan ini, dan Instagram juga berencana meluncurkannya di belahan dunia lain. 

(fmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *