Pakai Fitur Instagram Ini Biar Bisnismu Lebih Berbeda!

Foto: The Indiana Express

Instagram bukan lagi media sosial biasa. Media sosial ini mungkin telah melampaui apa yang diimajinasikan oleh para pendirinya. Kini, media sosial tersebut telah menjelma banyak hal – alat bisnis, alat pemasaran produk, hingga media iklan dan personal branding.

Luasnya dan beragamnya jangkauan media sosial yang satu ini bukan hanya disebabkan oleh kreativitas para penggunanya (baik pengguna pribadi maupun bisnis), tetapi juga keberagaman dan keunikan fitur yang disediakan oleh pengembangnya. Salah satu fitur yang lahir tersebut bernama Guides.

Yuk Kenalan dengan Instagram Guides!

Pada dasarnya, Guides adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan posts terbaik dari akun sendiri maupun akun publik. Fitur ini membantu pengikut akunmu untuk mendapatkan rekomendasi, tips, dan konten menarik dari akun tersebut. Guides bisa kamu buat dengan menekan tombol + yang ada di bagian atas layar gawaimu, dan kamu cukup pilih dan kurasi posts yang kamu anggap menarik dan memasukkannya ke dalam satu kategori.

Di Guides, ada 3 jenis guide yang bisa kamu buat, yakni places (Terkait dengan lokasi dan destinasi menarik), products (Terkait dengan produk-produk favoritmu), dan posts (Terkait dengan konten yang kamu post di feeds akunmu atau post yang kamu simpan dari akun lain).

Sumber: talkinginfluence.com

Terus, Gimana Pakai Fitur Ini untuk Marketing dan Bisnis?

Guides tergolong fleksibel untuk kegunaannya. Sebab, fitur ini memungkinkan kamu untuk:

1. Membangun brand story

Dengan menggunakan Guides, kamu dapat menceritakan proses berdirinya bisnismu, value yang dikedepankan oleh bisnismu, hingga cerita yang melekat dengan bisnismu.

2. Membuat tips dan trik

Fitur Guides yang simpel dan tidak ribet bisa membantu kamu dalam membuat sekumpulan tips dan trik yang terkait dengan bisnismu. Dengan begini, kamu bisa membangun konten yang edukatif untuk pengikutmu.

3. Mengumpulkan konten yang memiliki tema serupa

Kamu bisa mengumpulkan beragam konten yang memiliki tema serupa atau berhubungan dalam satu kategori di Guides, sehingga pengikutmu bisa menemukan kontenmu dengan lebih mudah.

4. Mendorong kampanye dan aktivitas sosial

Jika bisnismu ingin mendongkrak suatu kampanye atau kegiatan sosial dalam komunitas, Guides bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengumpulkan seluruh konten yang kamu butuhkan untuk mendorong kampanye tersebut.

5. Mengumpulkan konten pengikut

Ingin lebih dekat dengan pengikutmu? Kamu bisa kumpulkan seluruh konten dari pengikutmu yang berhubungan dengan bisnismu. Dengan melakukan ini, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu peduli dan ingin dekat dengan pengikutmu.

Di media sosial, kehadiran sebuah fitur dapat menjadi perpanjangan tangan bagi bisnis. Namun, itu kembali lagi kepada bagaimana suatu bisnis bisa memahami fitur tersebut secara mendalam dan menggunakannya secara presisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *