Mendeteksi Kamera Tersembunyi dengan Ponsel, Bisakah ?

Foto: Pinterest

Saat ini banyak terdapat kamera / CCTV di tempat umum. Jika digunakan untuk hal yang baik, tentu kamera tersembunyi atau CCTV sangat bermanfaat. Misalnya saja untuk mengawasi jika ada pencurian di toko, perampokan di jalan, dan sebagainya. Namun bagaimana jika kamera tersembunyi/CCTV berada di tempat yang tidak seharusnya. Misalnya di kamar mandi, ruang ganti, kamar hotel, dan lain-lain.

Namun sekarang kamu tak perlu khawatir lagi. Ternyata ponsel yang kita miliki bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi. Secara umum, ada dua cara yang digunakan ponsel untuk dapat mendeteksi kamera tersembunyi.

1. Pertama, menggunakan aplikasi yang dapat mendeteksi medan elektromagnetik. Dalam hal ini anda perlu memiliki gambaran tentang dimana kamera tersembunyi berada. Jika pada saat itu terdapat medan magnet yang terdeteksi, kemungkinan besar ada kamera yang disekresikan di dalam dinding atau objek di sekitar-mu.

2. Kedua, dengan mendeteksi pantulan cahaya dari lensa. Namun metode yang satu ini tidak begitu akurat.

Kamu bisa menggunakan cara pertama, yaitu dengan mendownload aplikasi untuk mendeteksi kamera tersembunyi. Aplikasi tersebut sudah tersedia untuk versi android dan iPhone.

Bagi pengguna Android bisa mendownload salah satu aplikasi pendeteksi kamera tersembunyi dibawah ini:

1. Hidden Camera Detector (Free)

2. Glint Finder (Free)

3. Hidden IR Camera Detector (Free)

Kemudian untuk pengguna iOS, anda bisa mendownload salah satu aplikasi dengan fungsi yang sama dibawah ini:

1. Hidden Camera Detector (Free, in-app purchases)

2. DontSpy 2 – detector ($1.99)

3. Hidden Spy Camera Detector ($2.99)

Apapun aplikasi yang dipilih tetap memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mendeteksi kamera tersembunyi. Aplikasi-aplikasi tersebut bekerja dengan cara yang sama. Aplikasi akan mendeteksi jika di dekat-mu ada kamera atau perangkat pengawas lainnya. Kemudian aplikasi akan memberitahu mengenai informasi perangkat tersembunyi tersebut.  

Sebagai contoh dengan aplikasi Hidden Camera Detector yang tersedia untuk Android. Setelah kita menjalankan aplikasinya, akan terlihat pada layar ponsel cahaya merah saat ponsel berada di dekat kamera. Gunakan arah cahaya merah tersebut untuk mengetahui letak pasti kamera tersembunyi.

Foto: Makeuseof

Pemindai dalam aplikasi juga akan menyala ketika berada di dekat jenis perangkat keras lain. Namun dengan indikasi yang berbeda. Angka yang ditampilkan di tengah layar akan melebihi angka 100 saat kamera tersembunyi terdeteksi. 

Baca Juga: Bongkar Semua Aktivitas Pacar di Internet dengan Cara Ini

Hidden Kamera Detector juga dilengkapi mode IR yang dapat menemukan kamera dengan jarak yang cukup jauh dengan anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengarahkan kamera ponsel milikmu ke area dimana kamera mungkin tersembunyi. Jika cakram putih terang terlihat di layar ponsel, maka tandanya ada kamera tersembunyi di dekat kamu.

Namun kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan aplikasi ini. Pertama, harus memastikan bahwa kamu mengetahui teknologi apa saja yang ada di sekitar, seperti TV, komputer, ataupun perangkat keras lainnya yang mungkin dapat menggangu.

Kedua, harus memperhatikan casing ponsel-mu. Karena beberapa bahan casing dapat memblokir sinyal dari perangkat lain, serta mengganggu bidang radiasi ponsel itu sendiri. Oleh sebab itu beberapa kasus aplikasi ini tidak berjalan dikarenakan sinyal terhambat oleh casing ponsel. Sehingga aplikasi ini tidak bisa membantu-mu mendeteksi kamera tersembunyi.

(fmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *