Cara Mudah Download Semua Foto dan Video di Google Photos

 Beberapa bulan lalu, Google mengumumkan akan mengakhiri layanan unggah gratis foto dan video ke Google Photos pada 1 Juni 2021.

Mulai 1 Juni, foto maupun video yang diunggah ke Google Photos akan dibebankan pada ruang penyimpanan default berkapasitas 15GB, yang didapatkan pengguna setiap kali membuat akun Google baru (foto berkualitas tinggi yang telah diunggah sebelumnya tidak tunduk pada batasan ini).

Perlu diketahui, layanan gratis memang rentan akan perubahan yang mendadak. Kita tidak tahu Google akan membuat peraturan baru seperti apa lagi kedepannya. Bisa jadi Google kelak akan menghapus foto dan video lama kita.

Nah, agar lebih aman sebaiknya kita harus berjaga-jaga dengan menyimpan foto dan video di penyimpanan lokal kita sendiri. Foto dan video yang kamu unggah sudah mencapai ratusan bahkan ribuan? Jangan khawatir karena ada cara mudah untuk mendownload semuanya sekaligus, yaitu melalui layanan Google Takeout.

Baca juga: Cara Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal, Mudah dan Akurat!

Foto: droidpoin

Berikut cara mudah download semua foto dan video di Google Photos.

  1. Login ke akun Google melalui browser.
  2. Buka Google Takeout.
  3. Scroll kebawah, pilih/centang data yang ingin kamu download.
  4. Pilih Google Photos dan tandai album yang ingin kamu download, kamu bisa pilih semuanya.
  5. Kalau sudah klik next step.
  6. Tahap berikutnya kamu akan memilih metode downloadnya, bisa melalui link yang dikirim ke email, atau ditambahkan ke Drive, Dropbox, OneDrive. Tapi paling mudah adalah melalui email.
  7. Pilih frekuensi download, kamu bisa membuatnya terjadwal atau download sekali saja. Untuk kali ini bisa kamu pilih sekali saja atau Export once.
  8. Selanjutnya kamu memilih format dan ukuran tiap filenya mulai dari 1 GB sampai dengan 50 GB. Bebas pilih yang mana. Jika kamu memilih 2 GB per file sedangkan foto dan videomu mencapai lebih dari 40 GB kamu akan mendapatkan banyak link dalam satu email yang nanti kamu bisa kamu download satu per satu sampai totalnya 40 GB.
  9. Kalau sudah tinggal klik Create export. Sekarang kamu tinggal menunggu Google mengirimkan email ke kamu.
  10. Jika filemu banyak, kamu harus bersabar ya. Jika kamu sudah mendapatkan email tinggal download melalui link yang disertakan.
  11. Selesai.

Gimana, gampang kan? Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi, Bisa Tanpa Nomor HP dan Email!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *