Pengukuhan Bunda Gendre Kabupaten Situbondo Oleh Bunda Gendre Jawa Timur Secara Virtual

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Pengukuhan Bunda Gendre Kabupaten Situbondo Th 2021 – 2024 secara Virtual bertempat di Ruang Ketrampilan Kantor PKK Kabupaten Situbondo, Selasa (9/3/2021).

Kepala Dinas BKKBN Situbondo Drs H. Imam Ghazali mengatakan bahwa, kegiatan ini adalah Pengukuhan Bunda Gendre Kabupaten oleh Bunda Gendra Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak yang dilakukan secara virtual.

“Kegiatan ini adalah Pengukuhan Bunda Gendre Kabupaten oleh Ibu Ketua PKK Provinsi secara virtual. Tujuannya yaitu, nantinya Ibu Bupati atau Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo akan menjadi Bunda Gendre yang dapat menampung aspirasi para remaja, diantaranya agar para remaja tersebut tidak menikah dini” ucap Kadis BKKBN.

Menurut Keluarga Berencana (KB) lanjut Imam, pernikahan yang layak yaitu Laki – laki 25 th dan Wanita 21 th , sehingga para remaja tersebut bisa dapat mengenyam pendidikan terlebih dahulu.

“Jika para remaja melakukan pernikahan dini dikhawarirkan kematian bayi ataupun kematian ibu sangat tinggi. Untul itu kami nanti akan memberikan motifasi ke Sekolah – Sekolah kepada para remaja yang masih Sekolah ataupun yang sudah putus Sekolah,” pungkasnya.

Menurut Sulasri, Kasi Keluarga Sejahtera (KS) di Kantor BPKKBN Situbondo juga menjelaskan bahwa, Kabupaten Situbondo Insan Gendre nya mendapat apresiasi dari Provensi karena tiap tahun mendapatkan juara.

“Mulai Tahun 2017 jura 1 tingkat Provensi untuk Puteri, Juara 2 tingkat Provensi untuk Putera. Kemudian Tahun 2018, Juara 2 untuk Puteri dan 2020 kita Juara 2,” ucapnya.

Untuk para pesertanya, lanjut Sulasri yaitu para remaja yang aktif di PIK yang dimana seluruh anggotanya remaja “Dari, Oleh dan Untuk Remaja”.

“Mereka para remaja menjadi motivator remaja sebayanya yang dimana mereka nantinya akan menjadi remaja tegar yang bisa mendewasakan usia perkawinannya, remaja yang tidak menikah di usia dini, tidak melakukan sek bebas dan remaja yang bisa menjadikan contoh bagi teman teman remajanya,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo juga berpesan dan mengajak kepada seluruh remaja Kabupaten Situbondo untuk menjadi remaja TEGAR. Yaitu, remaja yang berprilaku sehat, terhindar dari resiko Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) yaitu pernikahan dini, seks bebas dan Napza yang bercita-cita mewujudkan keluarga kecil berkualitas, sehingga mampu menjadi contoh, model, idola dan sumber informasi bagi teman sebayanya, yang nantinya menjadi pemimpin bangsa.

“Terakhir Bunda berpesan, memasuki masa remaja adalah hal yang pasti kalian lewati. Tetapi, menjadi remaja yang produktif adalah pilihan. Maka, gunakan masa remaja kalian sebaik-baiknya. Rencanakan masa mudamu untuk menggapai masa tua yang bahagia. Tunda nikah di usia dini, walau hati sudah bertemu tapi pelaminan masih bisa menunggu. Yuk, menikah di usia ideal, perempuan minimal 21 tahun dan laki-laki minimal 25 tahun,’ pungkasnya.

The post Pengukuhan Bunda Gendre Kabupaten Situbondo Oleh Bunda Gendre Jawa Timur Secara Virtual appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *