Mulai Belajar Investasi dengan Menerapkan 5 Hal Ini!

belajar investasi

Sumber: Akseleran blog

Hal yang perlu dilakukan saat melakukan memiliki sebuah rencana untuk masa depan adalah melakukan pengembangan dana sedini mungkin. Dengan melakukan pengembangan dana, bunga dari pengembangan dana yang dilakukan tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya. Namun, kamu memerlukan satu hal untuk mendapatkan hasil yang optimal dari pengembangan dana tersebut yaitu belajar investasi.

Terutama untuk para pemula dalam dunia investasi, yang ingin mendapatkan hasil investasi yang lebih optimal ketahui terlebih dahulu tips dasar belajar investasi yang mudah.

Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Para Pemula Saat Belajar Investasi

Memahami Adanya Risiko dalam Investasi

Saat akan melakukan investasi dan kamu ingin mendapatkan bunga dari pengembangan dana yang dilakukan, maka jangan lupakan adanya risiko di dalamnya. Risiko yang ada ini mulai dari yang relatif rendah hingga tinggi. Jangan mulai mengembangkan dana tanpa mengetahui adanya risiko di dalamnya, karena apabila kamu belum mengetahuinya maka kamu akan pengembangan dana yang dilakukan tidak akan berjalan dengan baik.

Karena itu mulai pengembangan dana dengan tingkat risiko yang sesuai dengan preferensimu. Ingat! Jangan mulai mengembangkan dana jika kamu tidak memahami setiap risiko yang ada dalam peluang investasi.

Memahami Dasar dari Investasi

Pahami dasar dari investasi, artinya dasar di sini adalah bagaimana dana bekerja dalam investasi yang dilakukan tersebut. Pahami juga jenis investasi yang dipilih, apakah investasi pilihanmu itu cocok dan pas untuk pengembangan danamu atau tidak. Cocok di sini adalah apakah produk investasinya sesuai atau tidak, apakah cara kerja dari investasi sesuai atau tidak dan beberapa hal lainnya.

Mulai pahami dasar investasi agar bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Mulai Tetapkan Tujuan yang Jelas

Melakukan investasi tidak hanya untuk pengembangan dana, namun beberapa orang memiliki tujuan yang berbeda dalam investasi yang direncanakannya. Jangka waktu investasi, nominal pendanaan yang disisihkan saat melakukan investasi ini semua akan berbeda dari tujuan yang ingin dicapai.

Beberapa contoh tujuan dari investasi juga berbeda-beda bisa seperti merencanakan membeli rumah (membayar DP), membeli mobil, membeli properti, naik haji dan beberapa tujuan lainnya. Setiap tujuan investasi ini juga ada yang jangka 6 bulan hingga 2 tahun ada juga yang jangka panjang lebih dari 2 tahun.

Baiknya untuk para pemula yaitu memilih investasi yang jangka waktunya relatif lebih pendek agar kembali dapat memutar dananya. 

Jangan Lupa Diversifikasi

Selalu lakukan diversifikasi pada investasi yang dilakukan. Melakukan diversifikasi ini bisa dengan peluang investasi yang berbeda atau diversifikasi dengan instrumen investasi yang berbeda. Tujuannya tetap sama yaitu untuk menekan risiko yang ada dalam investasinya. Selain itu penting melakukan diversifikasi untuk mengoptimalkan bunga yang diterima.

Mengapa diversifikasi perlu dilakukan? Karena dengan melakukan diversifikasi juga dapat memungkinkan kamu untuk menetapkan tujuan yang berbeda dari investasi yang dilakukan.

Mulai dari Nominal Kecil

Sebagai pemula tidak ada salahnya untuk memulai pengembangan danamu dengan nominal yang relatif lebih kecil, hal ini dimaksudkan agar para pemula dapat memahami serta mulai belajar investasi dari nominal yang lebih kecil terlebih dahulu. Apabila sudah memahami cara kerja serta hasil yang dapat dioptimalkan, maka kamu dapat melakukan tambah dana pada investasimu.

Namun pastikan memilih “wadah” yang tepat untuk mengembangkan dana awalmu agar proses belajar investasi yang dilakukan kamu sebagai pemula dapat berjalan efektif dan efisien.

Coba juga Pendanaan P2P Lending Akseleran, bunga s.d. 18% per tahun!

Di era digital ini, ada cara lain untuk mengembangkan dana, salah satunya dengan memberikan dana pinjaman. Lho? Memberikan pinjaman kok bisa mengembangkan dana? Melalui platform Peer to peer Lending (P2P Lending), kamu bisa memberikan dana kepada UKM yang membutuhkan pinjaman dan menikmati bunga pinjamannya tersebut. Sehingga dana yang kamu pinjamkan akan kamu terima kembali beserta bunganya.

Jika kamu tertarik untuk mencoba pendanaan P2P Lending, kamu bisa mencoba Akseleran. Di Akseleran, kamu bisa mendanai UKM di Indonesia yang membutuhkan modal pinjaman dan kamu bisa mendapatkan bunga hingga 18% per tahun. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman kok, karena lebih dari 99% portofolio pinjamannya memiliki agunan dan berasuransi. Akseleran juga sudah berizin resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Akseleran memberikan dana promo senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode Teknologi100. Download aplikasinya di Google Play atau App Store.

kode promo akseleran teknologi100 dapatkan dana awal 100ribu

Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke cs@akseleran.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *