Cara Mengatasi Hotspot HP Android yang Tak Mau Nyala

 Dengan pesatnya perkembangan teknologi seluler saat ini, menjadikan tak sedikit pengguna yang menggunakan HP Android-nya sebagai hotspot.

Selain karena fleksibilitasnya, hotspot Android terkadang bisa memberikan akses internet super kencang dan bersaing dengan pengguna jaringan internet kabel, terutama bagi pengguna yang berada di daerah perkotaan dengan jaringan 4G yang stabil.

Nah, masalahnya, tak sedikit pula pengguna HP Android yang mengeluh kesusahan menyalakan hotspot di HP-nya, di satu waktu bisa langsung aktif seperti biasa, namun di lain waktu malah tidak bisa aktif sama sekali.

Pernah mengalaminya? Jika iya, berikut ini Teknologi.id punya solusi untuk mengatasi hotspot HP Android yang tak mau nyala.

Baca juga: Cara Menambah RAM Android dengan Menggunakan SD Card

Cara Mengatasi Hotspot HP Android yang Tak Mau Nyala

1. Restart HP

Foto: droidpoin

Restart HP merupakan jurus ampuh untuk segala masalah yang dialami HP Android. Kenapa? Karena dengan melakukan restart/reboot, semua proses yang sedang berjalan pada HP Android kamu akan terhenti, semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan HP, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang ada pada HP Android, termasuk masalah hotspot yang tak mau nyala.

2. Modifikasi waktu non-aktif hotspot

Foto: droidpoin

Sebelum menyalahkan sistem dan perangkat, terkadang pengguna perlu introspeksi diri, karena bisa saja hal tersebut disebabkan karena pengguna lupa akan satu hal.

Contohnya ketika pengguna memodifikasi waktu non-aktif hotspot. Ketika tidak ada perangkat yang terhubung, ada opsi untuk mematikan hotspot HP kamu secara otomatis di pengaturan dan hal ini diaktifkan secara default oleh sistem. Tujuannya amat jelas, yakni untuk menghemat baterai HP.

Tetapi di beberapa merek HP tertentu (mis. Samsung), ada juga opsi mematikan berbasis waktu. Jadi, jika tak ada perangkat yang terhubung ke hotspot kamu, maka kamu bisa menentukan apakah hotspot akan mati dalam beberapa menit atau tidak mati sama sekali. Jadi, silakan cek kembali.

3. Penghemat baterai aktif

Foto: 9to5Google

Sama seperti kasus kedua, penyebab hotspot kamu tidak dapat terhubung dengan baik bisa jadi dikarenakan HP Android sedang berada dalam mode penghemat baterai. Untuk menghemat baterai, maka sistem akan membatasi berbagai penggunaan serta kegiatan yang berlangsung, termasuk menonaktifkan hotspot yang memang akan membuat baterai kamu jadi cepat habis. Jadi, silakan non-aktifkan fitur penghemat baterai dan nyalakan ulang hotspot.

Baca juga: Kalahkan Gamer Catur Dunia, Orang Indonesia Ini Diblokir

4. Tunggu update software

Foto: Android Authority

Masih belum bisa menyalakan hotspot? Mungkin masalah yang kamu alami saat ini adalah masalah atau bug yang ditimbulkan oleh software. Silakan kamu tunggu update digulirkan, atau kamu bisa hubungi OEM terkait dan juga kunjungi service center (untuk pengecekan hardware).

5. Factory Reset

Foto: Pinterest

Selain restart HP, factory reset juga merupakan jurus terampuh bagi setiap permasalahan yang terjadi pada perangkat Android. Karena dengan melakukan factory reset, perangkat akan kembali ke pengaturan awal seperti saat baru keluar dari pabrik. Jadi, seharusnya segala permasalahan pun bisa hilang (beserta data-data kalian juga tentunya!)

Maka dari itu, sebelum melakukan factory reset sebaiknya kalian melakukan back up dulu semua data-data yang kalian anggap penting, sehingga ketika HP selesai dilakukan factory reset, data-data tersebu bisa digunakan kembali.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *