Gambar Kiriman WhatsApp Akan Bisa Terhapus Otomatis

 WhatsApp dilaporkan tengah menggarap fitur yang berfokus pada privasi yaitu self-destructing photo atau menghapus foto secara otomatis.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo. Dari penjelasan WABetaInfo melalui akun Twitter pribadinya, cara kerja fitur ini mirip seperti fitur hapus otomatis yang sudah digunakan di aplikasi Telegram. Fitur serupa juga sudah digunakan di Instagram Direct.

Dilansir dari laman Android Authority, Kamis (4/3/2021),fitur ini disebut akan tersedia untuk pengguna WhatsApp di Android dan iPhone, tapi belum diketahui secara pasti kapan akan digulirkan.

Baca juga: Cara Mengosongkan Storage WhatsApp, Anti ‘Nyampah’

Menurut WABetaInfo, cara kerja fitur ini adalah jika fitur hapus otomatis diaktifkan, maka gambar atau foto yang dikirim tidak dapat disimpan di dalam memori perangkat. Selain itu, ketika penerima keluar dari chat, gambar tersebut juga akan otomatis dihapus.

Lebih lanjut, dari bocoran tangkapan layar yang beredar, ada ikon yang menampilkan angka di halaman edit sebelum gambar dikirim. Ikon tersebut tampaknya pengaturan waktu, yang berfungsi untuk mengatur berapa lama gambar bisa dilihat oleh penerima, sebelum dihapus otomatis oleh sistem.

Selama mengaktifkan fitur ini, pratinjau gambar dalam obrolan juga akan dikaburkan sampai penerima mengetuk untuk melihatnya. Fitur hapus kiriman gambar otomatis ini juga bakal tersedia untuk chat grup dan obrolan pribadi.

Baca juga: Aduh, Ini Ciri-ciri WhatsApp Kamu Diblokir Mantan

Sejauh ini WhatsApp nampaknya belum menerapkan deteksi screenshot layar untuk fitur hapus gambar otomatis. Hal ini juga sama dengan fitur Pesan Sementara yang masih diperbolehkan melakukan screenshot layar sebelum pesan dihapus.

Sayangnya belum diketahui kapan fitur ini akan digulirkan. Namun, WABetaInfo mencatat dalam waktu dekat WhatsApp akan mengujinya ke pengguna. Mari kita tunggu saja!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *