Lupa Password Gmail? Begini Cara Mudah Mengatasinya

 Sebagai seorang manusia, wajar saja bila kita terkadang melupakan sesuatu, seperti kata sandi atau password misalnya.

Nah, salah satu lupa password yang sering terjadi adalah lupa password akun Gmail. Hal itu disebabkan karena kebanyakan kita melakukan login akun Gmail di smartphone dan kemudian tidak pernah melakukan logout, sehingga lama-kelamaan password akun Gmail pun terlupakan.

Padahal akun Gmail merupakan salah satu hal yang cukup penting, mengingat saat ini banyak aplikasi maupun situs yang menggunakan akun Gmail sebagai sarana login.

Lantas, bagaimana solusinya? Tenang, berikut ini Teknologi.id rangkum cara mengatasi lupa password Gmail dengan mudah tanpa ribet, dan pastinya ampuh mengembalikan akun Gmail yang terlupa password-nya.

Baca juga: Cara Merekam Layar Laptop dan PC (Screen Record)

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Untuk mengatasi masalah lupa password akun Gmail, Google telah memberikan tiga opsi pemulihan melalui alamat email cadangan, melalui nomor telepon, atau melalui menjawab pertanyaan keamanan.

Namun diantara ketiga cara mengatasi lupa password Gmail tersebut, menggunakan email cadangan menjadi pilihan yang cukup mudah.

Hal itu karena bila memilih metode nomor telepon, maka kalian harus menjawab beberapa pertanyaan keamanan yang mungkin juga kalian lupa. Apalagi jika nomor telepon tersebut sudah tidak aktif, pastinya akan semakin ribet.

Jadi solusi termudah bagi yang lupa password Gmail adalah menggunakan email cadangan. Karena di awal membuat akun Gmail ada kebijakan memasukkan email cadangan. Berikut ini langkah selengkapnya:

1. Buka Gmail Melalui Browser

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan membuka Gmail melalui browser. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan laptop, atau desktop PC.

Setelah terbuka, klik ‘Berikutnya’ dan tunggu halaman berubah.

2. Masukkan Alamat Gmail

Setelah halaman selanjutnya terbuka, masukkan alamat Gmail yang passwordnya tidak kalian ingat tersebut pada kolom ‘Email atau Ponsel’, lalu klik tombol ‘Berikutnya’ untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

3. Klik ‘Lupa sandi?’

Langkah selanjutnya, klik tombol ‘Lupa sandi?’ pada Gmail berbahasa Indonesia, atau ‘Forget password?’ bila kalian menggunakan Gmail berbahasa Inggris.

Disini Google akan memberikan tiga pilihan yaitu pemulihan melalui alamat email cadangan, melalui nomor telepon, atau melalui menjawab pertanyaan keamanan. Pilih yang email cadangan.

4. Masukkan Alamat Email Cadangan

Setelah memilih pemulihan kata sandi dengan menggunakan email cadangan, Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email tersebut. Kode ini yang nantinya akan digunakan untuk memulihkan password Gmail..

5. Buka Email Cadangan dan Copy Kode Verifikasi

Bila email verifikasi telah terkirim ke alamat email cadangan, maka gunakan kode tersebut untuk memulihkan password Gmail.

6. Masukkan Kode Verifikasi 6 Digit

Setelah mendapatkan kode verifikasinya, kalian bisa menggunakan kode ini untuk memulihkan kata sandi Gmail dengan memasukkannya ke kolom ‘Masukkan kode’ yang tersedia.

7. Tunggu Selama 3-5 Hari

Setelah proses tersebut berhasil dilakukan, maka akan ada pemberitahuan untuk menunggu selama 3-5 hari kerja untuk pemulihan akun Gmail yang terkunci karena lupa password. Ini merupakan kebijakan Google untuk melakukan pengecekan terhadap akun Gmail kalian. Setelah disetujui, maka kalian bisa kembali menggunakan Gmail dan password telah dipulihkan.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *