Simak! Ini Sistem Vaksinasi COVID-19 Drive-Thru untuk Lansia

Kabar gembira untuk kelompok lanjut usia (lansia). Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang menyasar para lansia di DKI Jakarta bisa dilakukan dengan sistem drive-thru atau tidak perlu turun dari kendaraan.

Baca Juga: Aplikasi Good Doctor Mudahkan Akses ke Layanan Kesehatan

Informasi ini beredar di aplikasi Halodoc, yang menjadi mitra resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk vaksinasi COVID-19 drive-thru ini. Vaksinasi dengan sistem tersebut akan dimulai pada 3 Maret 2021.

Layanan vaksinasi COVID-19 dengan sistem drive-thru ini diharapkan mampu meminimalisir transmisi virus COVID-19 saat lansia mengantri di fasilitas kesehatan. Sebab, lansia merupakan kelompok yang rentan tertular COVID-19.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi membenarkan informasi tersebut. “Iya, betul,” kata Nadia, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Senin (1/3).  

Seperti dikatakan Nadia, vaksinasi COVID-19 dengan sistem drive-thru ini rencananya diselenggarakan di lokasi yang cukup luas. “Nanti diatur tempatnya, pasti di ruangan yang luas, tidak di fasyankes,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan dari aplikasi Halodoc, vaksinasi COVID-19 drive thru bagi lansia ini akan diadakan di Parkir Hall C Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Jakarta. Lansia yang ingin mengikuti program vaksinasi ini diharuskan untuk mempersiapkan kartu identitas, yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta.

Baca Juga: Ternyata, Tidak Boleh Pakai Hand Sanitizer di 4 Situasi Ini

Selain itu, lansia wajib datang dengan pendamping sebagai langkah antisipasi setelah dilakukan vaksinasi. Lansia juga dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang mudah dilipat pada bagian lengan, mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung, dan menggunakan kendaraan.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *