Sinyal HP Jelek di Kala Musim Hujan? Cek Ini Dulu!

 Beberapa hari terakhir di berbagai wilayah pulau Jawa diterpa musim hujan hingga berhari-hari lamanya, bahkan sampai menyebabkan banjir di sejumlah wilayah.

Rupanya di kala musim hujan seperti ini, tak hanya masalah banjir yang menghantui, melainkan kesulitan berkomunikasi seluler dan mengakses internet juga kerap dirasakan banyak orang.

Meski begitu, jangan dulu kita menghakimi musim hujan sebagai penyebab sinyal di HP atau pun perangkat lain menjadi jelek atau bisa dikatakan lemot.

Berikut ini beberapa hal yang harus kalian cek apabila perangkat HP kalian mendapatkan masalah berupa sinyal seluler dan internet jelek.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Buat Tanda Tangan Digital Tanpa Aplikasi

Penyebab Sinyal HP Jelek Saat Musim Hujan

1. Pengaturan Sinyal di Perangkat

Samsung Galaxy S10 / S10+: Change Network Mode to 4G / 3G / 2G (Auto  Connect) - YouTube

Sebelum menyalahkan hujan sebagai biang kerok sinyal yang jelek, cek dulu pengaturan atau setting sinyal di HP kalian. Jangan-jangan pengaturan jaringan di situ tidak otomatis alias masih WCDMA. Ya, pantas saja kalau HP kalian tak bisa menangkap sinyal internet secara optimal.

Solusinya adalah dengan mengubah pengaturan penangkapan sinyal itu menjadi otomatis. Setelah itu tunggu beberapa detik, dan coba browsing lagi. Kalau sudah kembali lancar, berarti persoalannya memang pada pengaturan penangkapan sinyal di HP kalian.

2. Banyak Membuka Aplikasi

Multitasking atau membuka banyak aplikasi bisa jadi penyebab utama kenapa sinyal internet di HP jadi sangat lamban.

Mungkin tak sadar kamu masih belum menutup aplikasi yang sudah digunakan. Sementara karena keasyikan sendiri kamu jadi lupa dan beberapa kali membiarkan aplikasi masih berjalan.

Setiap aplikasi khususnya seperti game, browser, medsos, hingga chat akan tetap menyedot pemakaian data jika dibiarkan terbuka.

Solusinya? Tekan dan tahan tombol “Home”, lalu lihat apakah masih ada beberapa aplikasi yang masih terbuka dan sudah tak kamu gunakan.

Langsung saja tutup satu persatu dan tunggu beberapa saat. Dijamin sinyal internetmu akan kembali lancar jaya.

3. Terinfeksi Malware atau Virus

Unkillable' Android malware gives hackers full remote access to your phone  | TechRadar

Banyak pengguna Android yang kurang menyadari HP-nya terkena infeksi malware atau virus. Padahal hal ini merupakan masalah serius yang jika tidak ditangani bisa mengganggu operasional HP salah satunya melambatnya sinyal internet.

Ada dua kerugian besar yang kamu hadapi di sini. Pertama, virus atau malware itu akan beroperasi terus dan menyedot data internet yang sedang kamu pakai. Artinya, bisa membuat pemakaian data internetmu jadi sangat boros.

Kedua, lama kelamaan HP kalian akan semakin lemot meski tidak sedang tersambung ke jaringan internet hingga berpengaruh pada aplikasi yang crash dan hardware.

Jangan sampai itu terjadi, bersihkan virus dan malware dengan menggunakan antivirus terbaik. Jika memungkinkan, reset HP lebih disarankan.

Baca juga: Microsoft Rilis Cumulative Update Review untuk Windows 10

4. Sinyal Idle

Ketika kita sedang menggunakan koneksi Wi-Fi, biasanya settingan standar HP untuk penangkapan sinyal akan idle jika beberapa menit tak dipakai.

Alhasil, koneksi akan sedikit lamban karena baru masuk setelah hape diakses kembali oleh penggunanya. Solusinya adalah mengubah settingan idle pada penangkapan sinyal Wi-Fi.

Atau bisa sebaliknya dengan mematikan sambungan router dulu dan menyambungkannya kembali pada HP kalian.

5. Kesalahan Sistem

How to fix the most common smartphone problems | Popular Science

Kadang-kadang kesalahannya justru berasal dari sistem operasi HP yang kalian gunakan. Bisa jadi karena terlalu lama dinyalakan selama berhari-hari atau karena sebelumnya kebanyakan aplikasi yang dibuka dalam waktu lama.

Untuk mengatasi penyebab sinyal HP jelek yang satu ini, coba matikan dulu koneksi data internet. Setelah itu, reboot perangkat dan tunggu sampai menyala kembali dan sambungkan koneksi datanya.

6. Traffic yang Padat

Penyebab yang satu ini pun biasa terjadi baik pada provider layanan internet SIM Card atau jaringan Wi-Fi. Baru terasa bagi pengguna koneksi data internet provider jika ia pindah ke area lain dan koneksi kembali lancar.

Kadang-kadang, dalam praktik penggunaan koneksi internet, posisi pun menentukan prestasi. Bagaimana dengan jaringan Wi-Fi?

Mau tak mau harus bisa berbagi secara wajar karena akan menimbulkan masalah juga jika dalam satu rumah secara berbarengan menggunakan koneksi internet, tapi ada yang sangat berlebihan pemakaiannya.

7. Jaringan Provider Bermasalah

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP, Gampang! - Teknologi.id

Gangguan semacam inilah yang kerap terjadi di Indonesia. Sebagian besar pengguna internet mengeluhkan layanan akibat sinyal internet yang pas-pasan dan tak jelas.

Baru lancar ketika digunakan pada jam tertentu, sementara ketika sedang butuh malah lemotnya minta ampun.

Solusinya, langsung sampaikan keluhan pada penyedia atau provider itu jika sudah sangat sering terjadi, dan mau tak mau kamu harus mengambil sikap dengan mengganti layanan provider daripada keseringan makan hati.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *