Ini Dia 6 Fitur Baru Google untuk Perangkat Android

Foto: Tech Crunch

Teknologi.id – Google baru-baru ini mengumumkan fitur baru pada aplikasinya yang dapat digunakan oleh pengguna Android. Diketahui ada 6 fitur baru untuk aplikasi Google. Seperti apa fitur baru yang dihadirkan oleh Google? Dilansir dari Tech Crunch, pada hari Jumat (26/2), berikut 6 fitur baru aplikasi Google untuk perangkat Android.

1. Android Password Checkup

Foto: Tech Crunch

Android Password Checkup merupakan fitur baru yang berguna bagi keamanan perangkat. Fitur ini akan terintregasi dengan fitur Password Checkup yang dapat digunakan oleh perangkat dengan sistem operasi Android 9 keatas. Fitur ini nantinya dapat memberi tahu pengguna bila password yang telah digunakan pengguna sebelumnya telah terekspos atau diketahui pihak lain.

Diketahui, Google memiliki fitur Autofill yang memungkinkan pengguna Android agar dapat login secara otomatis ke aplikasi atau layanan yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Fitur ini akan bekerja bersama Autofill untuk memberitahu pengguna apabila password yang terdaftar telah disusupi. Setelah itu, fitur ini juga akan memberi perintah mengenai apa yang harus dilakukan.

Selain itu, perintah tersebut juga akan mengarahkan pengguna ke halaman Password Manager di Google, dimana pengguna dapat mereview semua password yang tersimpan di Autofill.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus mengaktifkan Autofill. Berikut langkahnya:

“Settings” > “System” > “Languages & Input” > “Advanced” > “Input assistance” > “Autofill service”

2. Schedule Send

Foto: Tech Crunch

Schedule Send merupakan fitur terbaru pada aplikasi Message. Fitur ini membuat pengguna dapat menjadwalkan pengiriman pesan.

Fitur Schedule Send memungkinkan pengguna untuk menulis pesan kapanpun mereka mau, kemudian menjadwalkannya untuk dikirim pada waktu yang lebih tepat.

Fitur ini sangat cocok digunakan untuk pengguna yang memiliki teman, keluarga atau rekan kerja di negara lain dengan zona waktu yang berbeda. Sehingga, pengguna tidak menganggu orang lain dengan pesannya karena dapat dikirimkan di waktu yang tepat.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus memperbarui aplikasi Google Message. Berikut cara menggunakannya:

Ketik teks seperti biasa > Tekan dan tahan tombol kirim > Pilih tanggal dan waktu pengiriman pesan

3. TalkBack

Foto: Tech Crunch

TalkBack merupakan fitur Android yang memudahkan pengguna tunanetra atau yang memiliki gangguan penglihatan.

TalkBack memungkinkan pengguna untuk menavigasi perangkat mereka dengan suara dan gerakan untuk dapat membaca, menulis, mengirim email, berbagi media sosial, pengiriman pesanan dan banyak lagi.

Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan antarmuka sesuai dengan kebutuhan. Keyboard braille TalkBack juga menambahkan dukungan pada bahasa Arab dan Spanyol.

Versi terbaru TalkBack juga dilengkapi dengan banyak gerakan multifinger dan lebih dari 25 perintah suara. Hal ini berfungsi untuk berinteraksi dengan aplikasi lain dan melakukan aktivitas umum seperti memilih dan mengedit teks, emngontrol media atau mendapatkan bantuan. Versi terbaru TalkBack ini akan berfungsi pada perangkat Google Pixel dan Samsung Galaxy dari One UI dan seterusnya.

Baca juga: 

4. Dark Mode Maps

Foto: Tech Crunch

Fitur Dark Mode diketahui menjadi tren masa kini. Oleh karena itu, Google menambahkan fitur Dark Mode pada Google Maps. Nantinya, pengguna dapat mengaktifkan fitur Dark Mode secara default. Berikut langkahnya:

“Settings” > “Theme” > “Always in Dark Theme”

5. Google Assistant


Foto: YouTube

Pembaruan pada Google Assistant memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan fiturnya saat ponsel terkunci atau berada jauh dari pengguna. Hal ini bisa dilakukan dengan mengaktifkan “Lock Screen Personal Results” di pengaturan “Assistant” dan pengguna tinggal mengatakan “OK Google” sesuai kebutuhan.

6. Android Auto

Foto: Tech Crunch

Android Auto adalah fitur yang dapat membuat perjalanan pengguna lebih menyenangkan. Fitur ini diperbarui dengan wallpaper khusus dan game trivia seperti Jeopardy. Pengguna hanya perlu melakukan perintah melalui Google Assistant.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan shortcuts layar kunci, yang memudahkan pengguna jika ingin menghubungi seseorang, menyesuaikan termostat dari jarak jauh atau memeriksa cuaca.

Pembaruan Android Auto diketahui dapat digunakan oleh perangkat dengan sistem operasi Android 6 keatas dan dapat disambungkan ke mobil.

Baca juga: 

Nah, itu dia 6 fitur baru Google untuk perangkat Android. Fitur mana yang menjadi favoritmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *