Apple Music Tak Akan Sediakan Layanan Gratis

Dua aplikasi streaming musik ternama, Apple Music dan Spotify, punya perbedaan dalam memberikan penawaran gratis untuk pengguna baru. Seperti yang telah kita ketahui, Spotify memang memberikan masa uji coba gratis untuk pengguna baru dengan batasan waktu dan iklan. Hingga kini, Spotify masih merajai layanan streaming musik. 

Baca Juga: Dulunya Situs Kencan Online, Simak Sejarah YouTube Berikut

Apakah Apple Music akan mengambil langkah serupa?

Direktur Senior Penerbitan Musik Global Apple, Elean Segal, mematahkan kemungkinkan jika Apple akan memperkenalkan layanan gratis Apple Music berdasarkan iklan, demikian menurut laporan dari Musically.

Hal tersebut diungkap Segal dalam sebuah pertemuan bersama perwakilan dari Spotify dan Amazon dan anggota parlemen Inggris di Komite Digital, Budaya, Media, dan Olahraga Inggris. Mererka diberikan pertanyaan tentang ekonomi layanan streaming, yakni perihal harga langganan mereka dan pemikiran mereka tentang tingkatan gratis untuk layanan mereka.

Spotify dan Amazon sama-sama memberikan penawaran layanan streaming musik gratis, tetapi dengan gangguan oleh iklan dan terbatasnya fitur yang dapat digunakan dalam aplikasi mereka. 

Sementara itu, Segal yang mewakili Apple Music mengatakan bahwa tingkat gratis tidak akan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk “mendukung ekosistem yang sehat secara keseluruhan”.

“Kami tidak berpikir bahwa layanan yang didukung iklan dapat menghasilkan pendapatan yang cukup untuk mendukung ekosistem yang sehat secara keseluruhan. Dan itu juga akan sangat bertentangan dengan nilai-nilai dasar kami tentang privasi.” sebagaimana dilansir dari Ubergizmo, Jumat (26/2).

Baca Juga: Mudah dan Gampang! Ini 5 Cara Nonton TV di Laptop

Segal juga menambahkan bahwa Apple siap untuk menerima kompensasi lain yang disebut Equitable Remuneration yang digunakan oleh stasiun radio, di mana royalti musik yang diputar dibagi 50/50 antara label dan artis.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *