Macam-Macam Tema Dekorasi Kamar Tidur Biar Lebih Aesthetic!

Foto: house interior

Sudah satu tahun lamanya, pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Selama itu pula, masyarakat akhirnya harus mendekam di rumah masing-masing untuk waktu yang cukup lama. Dalam hal ini, kamar tidur seringkali menjadi spot favorit di rumah. Namun, pada akhirnya kondisi kamar yang seperti itu-itu saja, menyebabkan timbulnya rasa bosan. Jika sudah seperti ini, dekorasi kamar tidur merupakan salah satu pilihan yang terbaik dalam mengatasi masalah. 

Rasa bosan dengan kondisi kamar memang merupakan hal yang wajar. Bagaimana tidak, sebagian besar waktu dihabiskan di kamar tidur itu sendiri. Baik itu untuk tidur, belajar, bekerja, ataupun sekedar bermalas-malasan. Banyaknya waktu yang dihabiskan di kamar ini kemudian mungkin telah memberikan kita ide untuk melakukan dekorasi kamar tidur.

Pada akhirnya, mungkin sebagian besar dari kita sudah pernah melakukan dekorasi kamar, paling tidak satu kali selama masa karantina ini. Terutama, jika mengingat kembali, waktu yang telah kita habiskan di rumah. Akan tetapi, mengganti atau menambahkan satu-dua item dekorasi saja tidaklah cukup. Sewaktu-waktu rasa bosan akan dapat muncul kembali dengan cepat. 

Baca juga: Menjadi Pilihan Milenial, Ide Dekorasi Rumah Minimalis

Lalu seperti apa solusi yang tepat untuk permasalahan ini? Salah satu rekomendasi yang mungkin bisa diterapkan adalah dengan mengubah tema dekorasi kamar tidur secara keseluruhan. Berbeda dengan dekorasi kamar tidur seperti biasa, mengubah tema kamar secara keseluruhan berarti mengganti/menambah furnitur yang dibutuhkan, mengubah warna cat kamar, dan menambahkan beberapa dekorasi khas. Intinya, kita melakukan make-over kamar secara keseluruhan.

Untuk temanya sendiri, kamu bisa pilih yang sesuai dengan kepribadian ataupun kesukaan-mu. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa tema dekorasi kamar tidur yang bisa kamu pertimbangkan.

Tema Dekorasi Kamar Tidur

1. Cozy Bohemian

Mendengar kata-kata bohemian (atau boho), mungkin yang terbayangkan di benak adalah berbagai macam item fashion seperti, dress printed panjang, sepatu boots cokelat, atau aksesori pom-pom. Faktanya, trend bohemian selain diekspresikan melalui fashion, juga bisa diekspresikan melalui dekorasi. 

Atmosfer kamar dengan tema bohemian akan memadukan furnitur-furnitur serta item dekorasi yang bernada hippie dan vintage. Bagi kamu jiwa-jiwa yang mencintai seni dan etnisitas, tema kamar yang satu ini wajib dicoba.

Adapun beberapa referensi furniture untuk dekorasi kamar tidur bohemian, kamu bisa menggunakan karpet-karpet motif Turki dan Persia, bedding yang terbuat dari kayu, kain  tapestry dan macrame sebagai hiasan dinding, hingga beberapa jenis tanaman.

2. Korean-Style

Bagi kamu pecinta K-Drama, pasti sering melihat kamar-kamar tempat setting drama yang terlihat nyaman, simpel dan menenangkan. Itu lah yang disebut sebagai Korean-Style Bedroom. Tema kamar yang satu ini sudah banyak diadopsi. Apabila kamu menyukai desain kamar yang simpel dan ala-ala drama korea, mungkin tema yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Beberapa tips yang harus diperhatikan ketika menyulap kamar dengan tema Korean-Style adalah menggunakan cat dinding berwarna putih, serta dekorasi kamar tidur yang berwarna netral, seperti putih, krem, abu, coklat muda, dll. Selain itu, pencahayaan di kamar dengan tema ini haruslah seminim mungkin, dan menggunakan bola lampu berwarna warm-white.

Adapun untuk furniture seperti meja belajar, rangka ranjang, kursi, dan yang lainnya sebaiknya menggunakan kayu-kayu ringan berwarna cerah. Pemilihan yang spesifik ini akan memberikan tampilan kamar yang lebih luas dan fresh.

3. Monochromatic

Tema monokrom untuk kamar tidur mungkin terdengar mudah, karena cenderung menggunakan palet warna yang minim. Tapi jangan salah, jika tidak hati-hati dan kreatif, dekorasi kamar tidur dengan tema monokrom kamu mungkin akan terkesan membosankan atau bisa berlebihan.

Miskonsepsi yang sering beredar mengenai tema kamar monokrom adalah bahwa palet yang digunakan hanyalah hitam atau putih saja. 

Monokrom memang berarti 1 warna, akan tetapi setiap warna itu tentu ada variasinya. Seperti contoh, kamu ingin mendekorasi kamarmu dengan tema monokrom biru, maka palet warna yang bisa kamu gunakan adalah semua variasi warna biru, mulai dari biru langit, biru kadet, dan navy. Jadi, meskipun tema kamar kamu berangkat dari 1 warna, ketika diterapkan tentu tidak akan membosankan.

4. Industrial-Style

Tema kamar yang industrial, cocok untuk kamu yang menginkan tampilan kamar yang lebih maskulin. Meskipun biasanya tema ini digunakan dalam mendekorasi apartemen, tidak ada salahnya jika kamu coba aplikasikan tema yang satu ini ke kamar tidur di rumahmu. 

Fokus utama dari tema dekorasi kamar tidur yang satu ini adalah dengan memadukan dekorasi dan furniture dengan material-material yang masih kasar (belum dipoles atau dicat). Salah satu ciri populer dari tema ini adalah dengan aksen bata yang terekspos di dinding. 

Adapun pertimbangan yang harus kamu perhatikan dalam mendesain kamar tidur dengan tema yang satu ini antara lain, pencahayaan, dekorasi di dinding dan lantai, serta pemilihan furnitur dan beberapa tanaman hias. Pilihlah warna-warna gelap, dan jika ingin menambah aksen kayu, pilih kayu-kayu dengan warna gelap juga.

5. French-Country

Dekorasi dengan tema french-country ini bisa berbeda-beda rangenya. Ada yang sangat elegan, ada pun yang simpel. Namun pada intinya, tema dekorasi kamar tidur yang satu ini selalu berusaha menekankan pada nuansa pedesaan dengan tampilan yang sopan dan beradab.

Tema yang satu ini memang jarang dilirik. Akan tetapi, jika kamu tertarik, menyulap kamar tidur menjadi ala-ala farmhouse di Prancis memang akan sedikit challenging di awal. Apalagi banyak referensi di internet yang menampilkan tampilan yang sangat elegan. 

Meskipun begitu, dengan memegang beberapa prinsip ini, mendapatkan dekorasi kamar dengan tema ini bukanlah hal yang mustahil lagi. Beberapa prinsip tersebut antara lain, 1) menggunakan warna-warna yang netral pada dinding, dan aksen kayu di lantai, 2) gunakan perabotan vintage, 3) tambahkan dekorasi bunga tiruan, 4) tambahkan sedikit sentuhan emas atau silver untuk tampilan kamar yang lebih elegan, 5) tambahkan.

Baca juga: 5 Senjata Asal Indonesia yang Diperebutkan Banyak Negara

Itu dia beberapa tema dekorasi kamar tidur yang bisa kamu terapkan. Mendekorasi kamar tidur memang tidak bisa dikatakan mudah. Terutama jika kita berbicara mengenai budget yang harus digelontorkan, yang tentunya tidak sedikit. Dalam hal ini, Kredit Pintar hadir menawarkan penyelesaian berupa pinjaman rupiah. 

Kredibilitas Kredit Pintar sebagai salah satu perusahaan fintech memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak peminjam yang telah dibantu oleh Kredit Pintar dalam rangka pembiayaan kebutuhan tertentu melalui pinjaman rupiah. 

Akhir kata, mengubah tema kamar tidur memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, semua pengorbanan itu akan terasa worth-it, begitu kamu menempati kamar tidur baru-mu. Suasana tidur akan terasa lebih nyaman, suasana belajar atau bekerja pun bisa lebih produktif. Jadi, tunggu apalagi? Segera dapatkan pinjaman rupiah dari Kredit Pintar untuk mewujudkan kamar tidur impianmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *