Ponselmu Terendam Air? Begini Cara Mengatasinya!

Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Curah hujan yang cukup tinggi membuat banjir menjadi tidak terhindarkan.

Baca Juga: Ingin Aman Pakai Aplikasi Kencan Online? Simak Tips Berikut

Jika sudah kebanjiran, barang elektronik yang kita punya pun menjadi basah atau terendam air, termasuk ponsel. Kita pun jadi khawatir ponsel menjadi rusak dan tidak bisa digunakan kembali, padahal di masa kini ponsel menjadi salah satu barang yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. 

Jangan panik, karena ponsel yang terendam banjir masih bisa diselamatkan dengan cara-cara berikut ini. Yuk, disimak!

1. Jangan Langsung Aktifkan Ponsel

Setelah mengangkat ponsel dari genangan air, sebaiknya jangan langsung nyalakan ponselmu. Beri dahulu jeda waktu sekitar 5 menit, baru coba nyalakan ponsel seperti biasanya.

Alasannya, tindakan menyalakan ponsel dengan segera dalam kondisi terdapat sisa-sisa air yang di bagian dalam ponsel bakal membuat komponen listrik yang ada di dalam ponsel menjadi rusak.

2. Copot Kartu MicroSD Terlebih Dahulu

MicroSD berfungsi sebagai memori eksternal untuk menyimpan data-data pada ponsel. Nah, dengan membuka slot SIM card dan mencopot MicroSD terlebih dahulu dari ponsel yang terendam air, diharapkan data-data penting yang tersimpan bisa diselamatkan. Selain itu, slot SIM card yang terbuka bisa jadi jalur untuk keluarnya air dari ponsel.

3. Keringkan Ponsel dengan Kain

Kamu bisa mengeringkan ponselmu menggunakan kain, khususnya yang berdaya serap tinggi. Contohnya, kain microfiber yang memang dikenal mampu menyerap air dengan cukup cepat. Untuk mempermudah keluarnya air dari ponsel, posisikan ponsel secara vertikal sehingga air di dalam ponsel dapat mengalir keluar. 

4. Menggunakan Vacuum Cleaner 

Vacuum cleaner atau penyedot debu bisa jadi solusi untuk menyelamatkan ponselmu yang terendam air, lho. Caranya, aktifkan vacuum cleaner dan arahkan ke setiap bagian ponsel. Lakukan dengan hati-hati dan perhatikan jarak vacuum dengan ponsel, jangan sampai terlalu dekat.

Penggunaan hairdryer tidak disarankan karena akan membuat dorongan udara yang dikhawatirkan membuat air yang tersisa di dalam ponsel semakin masuk ke komponen.

Baca Juga: Cara Pakai 2 WhatsApp dalam 1 HP Menggunakan Aplikasi Bawaan

5. Gunakan Bahan-Bahan Penyerap Air

Selain dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan bahan penyerap air seperti beras. Caranya, siapkan sejumlah beras dan tempatkan di dalam wadah. Letakkan ponsel yang terendam air ke dalam wadah berisi beras tersebut.

Lalu, tunggu sekitar beberapa jam atau hari agar beras dapat menyerap air dari ponsel. Kamu juga bisa mengubah posisi ponsel tiap beberapa jam agar pengeringan jadi lebih efektif. 

Itulah cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk menyelamatkan ponselmu yang terendam air. Selamat mencoba!

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *