MacBook Pro Baru Bakal Dilengkapi Port HDMI dan Slot SD Card

Foto: Pinterest

Teknologi.id – Pada bulan Januari, Ming Chi Kuo membuat antusias para penggemar produk Apple MacBook Pro dengan berita bahwa MacBook Pro 2021 akan menampilkan desain baru, Apple Silicon, kembalinya MagSafe dan lebih banyak port IO (input/output).

Dilansir dari 9to5Mac, pada hari Rabu (24/2), analis telah menindaklanjuti laporan tersebut dan mendapatkan kabar lebih spesifik mengenai model MacBook Pro 2021. Dikabarkan MacBook Pro 2021 akan dilengkapi dengan port HDMI dan slot kartu SD. Diketahui, saat ini MacBook Pro 16 inci hanya dilengkapi dengan port Thunderbolt 3 USB-C dan jack headphone dalam hal konektivitas.

“Kami memprediksi dua model MacBook Pro dari Apple di 2H21 akan memiliki beberapa perubahan desain dan spesifikasi yang signifikan,” tulis Kuo dalam catatannya, dikutip dari MacRumors pada hari Rabu (24/2).

Saat meluncurkan MacBook Pro model edisi tahun 2016, Apple mulai menghilangkan port lain dan hanya menawarkan empat port Thunderbolt 3 USB-Type C yang dianggap akan cukup untuk semua orang. Port Thunderbolt 3 adalah bandwidth tinggi dan multiguna. Port ini adalah port transfer data bandwidth tinggi yang dapat mengirimkan daya dan bertindak sebagai output tampilan.

Namun, untuk menghubungkan MacBook ke sebagian besar perangkat tambahan, pengguna memerlukan dongle atau adaptor yang dapat mengubah port USB-Type C menjadi HDMI atau bahkan USB-Type A persegi panjang tradisional. Hal ini dibutuhkan jika MacBook hendak disambungkan dengan perangkat lawas.

Baca juga: Waduh! Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan se-Asia Tenggara

Sebagai perbandingan, MacBook Pro edisi tahun 2015 dilengkapi dengan MagSafe, dua port Thunderbolt, USB-3, jack headphone di sisi kiri, port USB-3 lainnya, slot kartu HDMI dan SD di sisi kanan mesin. Hal ini menghasilkan total 8 IO pada MacBook Pro edisi tahun 2015. MacBook Pro 16 inci saat ini hanya memiliki 5 port, yaitu 4 USB-C dan jack headphone.

Sekalipun keempat port USB-C dianggap lebih serbaguna dan mampu secara teknis, banyak orang mendambakan kemampuan untuk hanya mencolokkan banyak barang tanpa harus khawatir tentang adaptor.

Hal ini disebabkan karena sampai saat ini, adaptor diketahui tetap menjadi masalah bagi banyak pelanggan MacBook Pro. Banyak pengguna yang terpaksa membawa adaptor USB-C multifungsi agar perangkat dan accessories lain dapat terhubung.

Baca juga: Ini Dia Daftar USB Flash Drive Terbaik Tahun 2021

Tampaknya Apple berusaha memberikan solusi terkait hal tersebut dengan mengembalikan port HDMI dan slot kartu SD untuk mentransfer foto dari kamera.

Namun, masih belum jelas IO apa saja yang akan terdapat di MacBook Pro terbaru. Yang pasti, jajaran MacBook Pro baru diharapkan diluncurkan pada musim gugur 2021.

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *