Cara Upgrade VGA Laptop Tanpa Bongkar Motherboard, Gampang!

Teknologi komputasi yang berkembang begitu pesat saat ini tentunya menuntut pengguna semakin cepat pula untuk memperbarui (upgrade) spesifikasi perangkat PC/laptop yang digunakan.

Jika tidak diperbarui, maka pengguna juga akan tertinggal dengan pembaruan game-game bergrafis tinggi, aplikasi editor foto atau video berspesifikasi tinggi, atau pun hanya sekedar menonton film di laptop dengan resolusi terbaik.

Nah, salah satu perangkat yang cukup penting dilakukan upgrade adalah VGA. VGA adalah singkatan dari Video Graphic Array, yang merupakan sebuah hardware yang memiliki peran dalam pemrosesan informasi grafis.

Sayangnya, untuk melakukan upgrade VGA di laptop berbeda dengan upgrade VGA di komputer desktop atau PC. Pada PC atau desktop biasanya mempunyai tempat untuk menaruh VGA Card yang biasa disebut Slot VGA Card.

Upgrade VGA di PC lebih mudah karena kita bisa langsung mengganti VGA yang sudah ada dengan VGA baru yang lebih powerful, dengan catatan kompatibel. Berbeda dengan PC, VGA di laptop menggunakan VGA jenis VGA Onboard, yang artinya VGA menempel permanen di motherboard atau mainboard.

Umumnya, untuk melepas VGA dari mainboard memerlukan alat dan keahlian khusus, tidak bisa dicabut dengan tangan kosong begitu saja.

Namun, jangan khawatir, Teknologi.id punya cara upgrade VGA laptop tanpa bongkar motherboard dengan cepat dan mudah. Penasaran bagaiamana caranya? Simak artikel ini sampai habis.

Baca juga: Cara Menambah RAM Android dengan Menggunakan SD Card

Cara Upgrade VGA Laptop Tanpa Bongkar Motherboard

Sebagai informasi, beberapa brand laptop seperti Sager dan Clevo memungkinkan penggunanya bisa kustomisasi sesuka hati. Kamu bisa mengupgrade komponennya, bahkan processor dan VGA Onboard-nya.

Namun, bagi pengguna laptop bermerek lain sepertinya harus gigit jari bila ingin melakukan upgrade VGA Onboard.

Penggantian VGA di laptop merek lain saat ini hanya dimungkinkan jika VGA rusak. VGA yang rusak pun hanya bisa diganti dengan VGA sejenis bukan dengan VGA yang lebih powerful (upgrade).

Jadi kesimpulannya, upgrade VGA laptop tidak bisa dilakukan. Jika kamu ingin upgrade VGA di laptop cara terbaik adalah menjual laptop tersebut lalu beli laptop baru dengan VGA onboard yang lebih kuat.

Baca juga: Cara Merekam Layar Laptop dan PC (Screen Record)

Cara Upgrade VGA Laptop dengan VGA Eksternal

Namun, jangan khawatir, meski kalian tidak bisa melakukan upgrade VGA Onboard dan tidak ingin membeli laptop baru, kalian tetap bisa mengupgrade VGA laptop.

Caranya yakni dengan menggunakan bantuan VGA eksternal. VGA eksternal memungkinkan VGA laptop bisa diupgrade dengan bujet lebih ramah kantong.

ViDock Nano

Hasil gambar untuk vidock nano

Salah satu VGA  eksternal yang bisa kalian gunakan adalah ViDock Nano. ViDock Nano dapat berjalan pada laptop dengan spesifikasi minimal Intel Core i5 dan RAM 8GB.

Dengan kisaran harga Rp 8,4 jutaan, ViDock Nano sudah dilengkapi power supply 200 watt dan VGA Card eksternal ala PC besutan MSI GeForce GTX 660.

Kalian tinggal menghubungkan VGA eksternal tersebut ke laptop dan layar monitor sebagai unit output dari ViDock Nano.

Baca juga: Ingin Memasang WiFi di Rumah? Cermati Hal Berikut

Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box

Hasil gambar untuk Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box laptop
Foto: Jarrod’s Tech

Selain VGA eksternal ViDock Nano, ada juga VGA eksternal yang lebih baru seperti Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti. VGA eksternal ini sudah dibekali kartu grafis NVIDIA RTX 20 terbaru yang mendukung game berbasis VR (Virtual Reality).

VGA eksternal ini juga dibekali Thunderbolt 3 dengan kecepatan transmisi hingga 40 Gbps. Untuk memasang VGA eksternal ini dibutuhkan laptop yang sudah dibekali port Thunderbolt 3.0. Spesifikasi lengkap Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti adalah:

  • GPU: Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti 11 GB
  • GPU clock: 1545 MHz
  • Memory clock: 14000 MHz
  • Memory type: GDDR6Memory size: 11GB
  • Digital max resolution: 7680×4320
  • Dukungan monitor: hingga 4 monitor.

Cara upgrade VGA laptop dengan menambahkan VGA eksternal Gigabyte Geforce RTX 2080 Ti cukup mudah selama laptop kamu mendukung Thunderbolt 3.0. Harga VGA eksternal ini adalah Rp 29.000.000. Kamu bisa membelinya secara online maupun di toko komputer terdekat.

Gimana? Tertarik upgrade VGA laptop tanpa bongkar motherboard?

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *