Ingin Karirmu Lebih Cemerlang? Lakukan Beberapa Hal Ini!

Foto: CV-Library

Teknologi.id – Dalam dunia bekerja, karir merupakan salah satu hal yang dikejar. Memiliki karir yang cemerlang tentu menjadi dambaan bagi semua orang.

Namun, tidak semua orang melakukan hal yang tepat dalam meningkatkan karirnya.

Banyak orang yang hanya berfokus meningkatkan kemampuan yang hanya berhubungan dengan pekerjaan. Padahal, banyak hal lain yang juga dapat meningkatkan karir, lho. Ingin karirmu lebih cemerlang? Ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Memperluas Jaringan

Foto: The Balance Careers

Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial dan sampai saat ini hal tersebut masih berlaku. Oleh karena itu, sebagai pekerja, kamu juga harus memperluas jaringan baik di dalam maupun di luar kantor.

Dengan bergaul dan memperluas jaringan, kamu bisa mendapatkan informasi atau pengetahuan lain dari koneksimu yang mungkin berguna bagi pekerjaanmu. Selain itu, dengan mempunyai koneksi, kamu juga dapat memperluas jaringan karirmu.

2. Meningkatkan Skill dan Ilmu Pengetahuan

Foto: BNC

Jangan pernah merasa puas dengan skill dan ilmu pengetahuan yang kamu punya saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman, bisa jadi beberapa tahun kemudian ilmu pengetahuan dan skillmu sudah tidak relevan dengan dunia pekerjaan pada saat itu.

Bahkan, bisa jadi skill dan ilmu pengetahuanmu saat ini masih kurang sehingga kamu kesulitan meningkatkan karirmu.

Oleh karena itu, kamu harus terus mengasah skill dan ilmu pengetahuanmu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun yang paling simpel adalah kamu bisa mengikuti seminar atau workshop. Di masa pandemi saat ini, kamu dapat mengikuti webinar atau kelas online.

Baca juga: “Artificial Skin” Ini Bisa Buat Tentara Jadi Tak Terlihat

3. Memperkuat Jejak Digital

Foto: Stevens & Tate Marketing

Saat ini kita berada di era yang serba digital. Kebanyakkan dari kita pasti menggunakan media sosial. Kamu dapat memanfaatkan media sosial mu untuk memperkuat jejak digital.

Jejak digital tidak dapat dihapus dan sering kali menjadi pertimbangan rekruter untuk menerima pekerja. Bahkan tak jarang media sosial dapat menjadi tolak ukur dalam menentukan sesuatu.

Oleh karena itu, kamu harus memperkuat jejak digitalmu dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Dengan begitu, kamu juga dapat membranding diri sebagai pribadi yang profesional. Sehingga, jejak digitalmu tidak akan menjadi penghalang malah menjadi pendukung dalam meningkatkan karir.

4. Mudah Beradaptasi

Foto: Workday Blog

Saat ini, segala sesuatu terjadi dan berubah dengan sangat cepat. Oleh karena itu, kamu harus terbiasa untuk mudah beradaptasi.

Kamu harus mudah beradaptasi dalam situasi dan kondisi apapun. Jangan terpaku dengan kondisi saat ini, karena hal itu akan membuat kamu tidak dapat melakukan sesuatu yang diperlukan jika terjadi perubahan secara mendadak.

Dengan mudah beradaptasi, kamu dapat mempertahankan dan meningkatkan karirmu.

5. Menerima Masukan dari Orang Lain

Foto: ZORA

Agar dapat meningkatkan karir, kamu juga perlu mendengarkan masukan positif dari orang lain. Kamu perlu mendengarnya agar dapat menjadi refleksi diri mengenai apa yang harus kamu tinggalkan dan apa yang harus kamu lakukan agar karirmu dapat meningkat.

6. Bekerja keras dan cerdas

Foto: Good Universities Guide

Bekerja keras memang lah dibutuhkan. Tetapi, kamu juga perlu bekerja keras dan cerdas.

Jika kamu hanya bekerja keras, kamu akan tetap menghasilkan sesuatu namun bisa saja tidak maksimal. Namun, jika kamu bekerja keras dan cerdas, kamu akan menghasilkan sesuatu secara maksimal serta dapat menghemat tenaga dan pikiran.

Baca juga: Canggih, Perangkat Ini Bisa Buat Tubuh Manusia Jadi Baterai

Itu dia 6 tips agar karirmu lebih cemerlang. Pada dasarnya, semua orang dapat melakukannya asal mempunyai niat dan kesungguhan.

Nah, buat kamu yang ingin menambah pengetahuan dan mengasah skill, kamu bisa mengikuti kelas online yang diadakan oleh Teknologi.id, lho! Ada beberapa kelas online yang dapat diikuti seperti kelas online mengenai Product Design, Product Management dan e-Sports. Tentunya dalam kelas ini, Teknologi.id akan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten dan sukses dalam bidangnya. Penasaran? Silahkan cek akun Instagram resmi Teknologi.id @teknologi_id. Jangan sampai ketinggalan, kami tunggu kehadiranmu!

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *