Fitur Baru Zoom Ini Bisa Bikin Virtual Meeting Semakin Seru

Foto: NDTV Gadgets 360

Teknologi.id – Sejak pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia dan memaksa semua orang untuk beraktivitas di rumah, Zoom menjadi salah satu aplikasi meeting virtual yang banyak digunakan.

Sebelumnya, hanya orang dari kalangan profesional yang menggunakan Zoom. Namun, sejak pandemi COVID-19, banyak kalangan yang menggunakan Zoom untuk aktivitasnya seperti bekerja, sekolah, atau berbincang dengan sanak saudara. Dengan semakin meluasnya segmen pengguna Zoom, perusahaan tersebut akhirnya menambahkan beberapa fitur lucu dan menarik saat digunakan untuk virtual meeting. 

Zoom diketahui telah memiliki fitur virtual background sehingga memudahkan penggunanya untuk memilih background saat melaksanakan virtual meeting. Tak cukup sampai situ, Zoom saat ini mengeluarkan fitur baru bernama Studio Effects.

Dilansir dari kumparanTECH, pada hari Rabu (10/2), fitur Studio Effects mirip dengan efek wajah yang sudah ada terlebih dahulu di Instagram Story dan Snapchat. Namun, fitur Studio Effects milik Zoom ini sedikit berbeda dengan efek wajah di Instagram Story dan Snapchat. Efek wajah di platform lain umumnya merupakan satu kesatuan dan tidak dapat diubah lagi. Dengan kata lain, jika pengguna menggunakan satu efek, mereka tidak dapat mengubah bagian dari efek wajah tersebut. Sedangkan, fitur Studio Effects pada Zoom mengizinkan pengguna untuk mengedit bagian-bagian pada efek wajah seperti mengubah warna alis dan bibir. 

Foto: kumparanTECH

Zoom diketahui mengumumkan fitur ini pertama kali pada September 2020 lalu. Sejauh ini, fitur tersebut masih hadir dalam format Beta dan tidak diketahui kapan akan dirilis secara resmi. Meskipun begitu, sudah banyak pengguna beruntung yang dapat menemukan dan menggunakan fitur tersebut. 

Jika kamu merupakan salah satu pengguna yang beruntung tersebut, kamu akan menemukan filter ini di pengaturan “Background & Filters”. Namun, sebelum menggunakannya kamu harus mengunduh fitur ini terlebih dahulu. 

Setelah mengunduhnya, kamu bisa bermain-main dengan fitur tersebut seperti mengedit warna alis dan bibir. Berikut cara mengaktifkan fitur Studio Effect untuk mengedit warna alis dan bibir:

  • Pada jendela Zoom meeting, klik tanda panah yang ada di sebelah ikon video di bagian kiri bawah
  • Pilih opsi “Video Settings”
  • Pilih “Background & Filters”
  • Pilih Studio Effects (Beta) di pojok kanan bawah jendela “Settings”
  • Kemudian akan muncul tawaran untuk mengunduh paket Video Studio Effect, klik “Download”
  • Setelah selesai, klik Studio Effects (Beta) sekali lagi
  • Opsi untuk mengedit warna dan bentuk alis, kumis dan janggut serta warna bibir ada pada menu di sebelah kanan
  • Jika sudah selesai mengedit, klik “Close” di pojok kanan bawah

Nah, itu dia cara mengaktifkan fitur Studio Effects. Selain mengubah warna, kamu juga dapat mengubah bentuk dan ketebalan alis, kumis dan janggut. Kamu juga bisa menyesuaikan ketebalan bibir sesuai dengan keinginanmu. Seru bukan? Selamat mencoba!

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *