Skema Lengkap Pembentukan Holding Ultra Mikro BRI, Pegadaian, dan PNM

Rupiah

Pemerintah telah merumuskan skema pembentukan induk usaha atau holding  BUMN pembiayaan usaha ultra mikro, yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani. Pembentukan holding akan dilakukan melalui penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue BRI.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah akan mengambil bagian seluruhnya dari rights issue BRI dengan cara mengalihkan saham seri B negara pada PNM dan Pegadaian. Saat ini, rencana rights issue tersebut telah mendapatkan arahan dari  Komite Stabilitas Sistem Keuangan dan komite privatisasi dan akan dikonsultasikan  dengan DPR.

“Seluruh saham seri B negara pada Pegadaian dan PNM akan disetorkan kepada BRI dalam rangka partisipasi pemerintah dalam rights issue BRI, ” ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Senin (8/2).

Menurut Sri Mulyani, penyertaan atau penyetoran seluruh saham seri B negara pada Pegadaian dan PNM dilakukan sesuai PP Nomor 72 Tahun 2016 tentang tata cara PMN …

Selengkapnya : Skema Lengkap Pembentukan Holding Ultra Mikro BRI, Pegadaian, dan PNM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *