Waduh, Aplikasi WhatsApp Palsu Intai Pengguna Apple

Para pengguna WhatsApp di smartphone keluaran Apple sebaiknya berhati-hati. Pasalnya, baru-baru ini sekelompok tim peneliti keamanan siber dari Universitas Toronto, Citizen Lab, bersama tim dari Motherboard, mengungkap adanya aplikasi WhatsApp palsu di perangkat iOS.

Baca Juga: Tips Dasar Menjadi Seorang Desainer Grafis

Dikutip dari Gadget360, Sabtu (6/2), aplikasi palsu itu merupakan ciptaan perusahaan pengintai asal Italia bernama Cy4Gate. Aplikasi tersebut menargetkan pengguna tertentu.

WhatsApp abal-abal alias palsu ini bekerja dengan mengelabui korban melalui sebuah file konfigurasi tertentu yang harus di-install pada perangkat buatan Apple. Setelah file tersebut berhasil di-install, peretas akan menyusup dan mengumpulkan informasi milik sang korban. 

Informasi yang bakal diperoleh peretas antara lain Unique Device Identifier (UDID) dan nomor IMEI perangkat.

Kabar mengenai aplikasi WhatsApp palsu di iOS ini mulai merebak ke permukaan setelah sebuah perusahaan keamanan bernama ZecOps menulis cuitan terkait serangan dari peretas yang terdeteksi masuk lewat aplikasi perpesanan instan.

Menurut Motherboard, WhatsApp abal-abal yang ada  di perangkat Apple ini sengaja dibuat agar dapat memperoleh informasi tentang korban. Informasi yang terkumpul kemudian dikirimkan kembali ke peretas.

Agar aplikasi WhatsApp palsu itu dapat ter-install di perangkat korban, ada sebuah situs dengan domain config5-dati[.]com yang mampu menipu pengunjung web untuk meng-install aplikasi tersebut. Ada pula halaman lain dengan domain config1-dati[.]com yang tampaknya merupakan halaman phishing untuk menipu individu menginstal WhatsApp versi palsu.

Tanpa sadar, pengguna iPhone telah mengunduh dan meng-install file konfigurasi khusus itu ke smartphone mereka.

Baca Juga: Tips Menggunakan WiFi Publik agar Terhindar dari Hacker

Agar semakin terlihat meyakinkan sehingga korban pun terjerat, penjahat siber ini bahkan menampilkan logo WhatsApp dan grafik yang tampak sangat profesional. Mereka juga memberikan instruksi kepada pengguna, tentang cara meng-install file konfigurasi di perangkat Apple agar meng-install aplikasi WhatsApp for iPhone abal-abal tersebut.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *