WHO: Memahami Asal Usul Covid-19 Butuh Riset Bertahun-tahun

HEALTH-CORONAVIRUS/WHO-CHINA

Salah seorang anggota tim Badan Kesahatan Dunia (WHO) yang baru saja mengunjungi Wuhan, tempat pertama kali infeksi virus Corona terjadi, mengaku terkejut tentang begitu kompleksnya asal muasal pandemi Covid-19.  Dominic Dwyer, ahli mikrobiologi dan penyakit menular, dari tim WHO itu bahkan mengatakan butuh waktu lama untuk meriset bagaimana virus tersebut mulai menjangkiti.

“Semua orang tahu bagaimana virus itu berawal dari pasar Huanan di Wuhan, tapi kuncinya apa yang terjadi sekitar waktu itu dan sebelumnya, ” kata Dwyer seperti dikutip dari Channelnewsasia, Sabtu (06/02/2021).

Penelitian asal usul virus corona sempat dipolitisasi menyusul tuduhan bahwa China tidak transparan dalam penanganan awal wabah tersebut. Beijing mengembuskan kabar bahwa virus itu bisa berasal dari tempat lain. Melalui media pemerintah, Tiongkok menyebarkan informasi bahwa virus tersebut ada di luar negeri sebelum ditemukan di Wuhan. Pemerintah China merujuk pada virus yang ditemukan di kemasan makanan beku impor serta pada makalah ilmiah yang mengklaim bahwa virus itu sebenarnya telah …

Selengkapnya : WHO: Memahami Asal Usul Covid-19 Butuh Riset Bertahun-tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *