Kapolres Bersama Dandim Resmikan Kampung Tangguh Semeru

BeritaNasional.ID – SITUBONDO – Sebagai salah satu ikhtiar memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Situbondo, Kapolres Situbondo AKBP Ach. Imam Rifa’i, S.H, S.I.K, M.PICT, bersama Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P meresmikan Kampung Tangguh Semeru di Dusun Klontong RT.002 RW.001 Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Sabtu (6/2/2021).

Dengan diremikannya Kampung Tangguh Semeru ini, diharapkan bisa meminimalisir penyebaran atau penularan COVID-19. “Dengan adanya Kampung Tangguh Semeru ini, diharapkan masyarakat bisa tertib dengan protokol kesehatan COVID-19,” kata Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P dalam sambutannya.

Selain itu, Dandim 0823 Situbondo juga berharap dengan adanya Kampung Tangguh Semeru ini, bisa memberi contoh dan mengajak masyarakat untuk patuh memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hansanitiser, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

“Mudah mudahan dengan diresmikannya kampung tangguh ini menjadi penambah semangat bagi warga masyarakat Dusun Klontong untuk melawan atau memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dan jika dikemudian hari ada kendala, silahkan pengurus Kampung Tangguh Semeru segera berkordinasi dengan Forkopimka Banyuglugur,” pungkas Dandim Neggy.

Sementara itu, Lebih lanjut Kapoles Situbondo AKBP Ach. Imam Rifa’i, S.H, S.I.K dalam sambutanya mengatakan bahwa, filosofi Kampung Tangguh Semeru ini, adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penanganan penyebaran COVID-19.

“Kampung Tangguh Semeru adalah program unggulan Polda Jawa Timur, sebagai upaya melawan penyebaran virus COVID-19 yang dilakukan mulai lingkup terkecil, yakni dari desa dan warga sekitar. Kemudian program ini akhirnya diadopsi secara nasional dengan nama Kampung Tangguh Nusantara, karena dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menangkal atau melawan penyebarab COVID-19,” jelas AKBP Ach Imam Rifai.

Tentangnya, sambung Kapolres Situbondo,  bagaimana caranya masyarakat tetap bisa hidup sehat dan tetap produktif ditengah pandemi COVID-19. “Dalam Kampung Tangguh Semeru ini, kita dituntut untuk melakukan pencegahan serta meningkatkan partisipasi masyarakat untuk disiplin dengan protokol kesehatan COVID-19, karena dengan disiplin prokes COVID-19, bisa mencegah penularan virus corona. Selebihnya, urusan Allah SWT yang penting kita berdoa dan berikhtiar,” pungkas AKPB Imam Rifai.

Selanjutnya, Ketua Kampung Tangguh Dusun Klontong, Halil Budiarto M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Situbondo serta Dandim 0823 Situbondo yang telah membentuk Kampung Tangguh Semeru di Dusun Klontong RT.002 RW.001 Desa Kalianget.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami warga Dusun Klontong yang telah di percaya mengelola Kampung Tangguh Semeru. Dengan diresmikannya kampung tangguh ini, harapan kami masyarakat semakin patuh terhadap disiplin protokol kesehatan COVID-19. Untuk itu, kedepannya kami mohon bimbingan dari Forkopimda maupun Forkopimcam agar kami mampu mengelola kampung tangguh sesuai dengan harapan kita bersama,” kata Ketua Kampung Tangguh Semeru, Halil Budiarto.

Hadir dalam peresmian kampung tangguh ini antara lain, Camat Banyuglugur Taufan A Jaksana, S.S.T.P, M.SI, Danramil 0823/17 Banyuglugur Lettu Inf Suudi berserta anggotanya, Kapolsek Banyuglugur Iptu Supoyo, S H beserta anggotanya, Ketua Kampung Tangguh beserta pengurusnya, Kades Kalianget Ahmad Faisol, S.Pd beserta perangkatnya dan tamu undangan lainnya.

Pengurus Kampung Tangguh Foto bersama dengan Kapolres serta Dandim (Heru Hartanto)

The post Kapolres Bersama Dandim Resmikan Kampung Tangguh Semeru appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *