Ini Cara Sembunyikan Foto Profil di Telegram, Mudah Banget!

Fitur privasi di Telegram memungkinkan pengguna untuk memilah dan memilih siapa saja yang bisa dan tidak bisa melihat foto profilmu. Kamu bisa menyembunyikan foto profilmu dari publik atau user tertentu. Cara tersebut bisa dilakukan baik di smartphone platform Android maupun iOS.

Baca Juga: Fitur Baru Google Pixel Bisa Ukur Detak Jantung Pakai Kamera

Dirangkum dari How-To Geek, berikut langkah-langkah untuk menyembunyikan foto profil di Telegram pada ponsel berbasis iOS maupun Android. Yuk, disimak!

Menyembunyikan Foto Profil di Telegram Berbasis iOS 

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Telegram di iPhone dan buka tab “Settings”.
  2. Dari sini, pilih opsi “Privacy and Security”
  3. Pilih opsi “Profile Photo”.
  4. Secara default, foto profil akan terlihat oleh “Everyone.” Jika kamu ingin menyembunyikan foto profil dari publik (atau siapa pun yang memiliki nomor ponsel atau username-mu), pilih opsi “My Contacts”. Sekarang, hanya orang-orang yang ada di dalam daftar kontakmu saja yang bisa melihat foto profilmu.  
  5. Jika ingin menambahkan pengucualian, buka section “Exceptions”. Misalnya, kamu ingin menyembunyikan foto profilmu dari kontak/grup tertentu atau dari user yang sudah berbuat tidak baik padamu, ketuk tombol “Never Share With”.
  6. Pilih opsi “Add Users or Groups”.
  7. Cari dan pilih user yang ingin dibuat tidak bisa melihat foto profilmu. Ketuk tombol “Done”untuk menyimpan.
  8. Kamu bisa kembali memilih opsi “Always Share With” jika ingin membuat foto profilmu terlihat oleh user atau grup tertentu.
  9. Ketuk opsi “Add Users or Groups”.
  10. Cari dan pilih kontak yang ingin ditambahkan. Ketuk “Done” untuk menyimpan pilihan. Sekarang, Telegram akan memperlihatkan foto profilmu pada user yang telah dipilih. 

Baca Juga: Qualcomm Sulit Penuhi Permintaan Chip, Kenapa?

Menyembunyikan Foto Profil di Telegram Berbasis Android

Langkah-langkah untuk menyembunyikan foto profil di Telegram berbasis Android sedikit berbeda dengan yang sebelumnya telah diuraikan di atas. 

  1. Buka aplikasi Telegram, ketuk ikon three-line menu pada sudut kiri atas 
  2. Sekarang, pilih opsi “Settings”.
  3. Dari sini, pergi ke section “Privacy and Security”.
  4. Pilih opsi “Profile Photos”.
  5. Jika kamu hanya ingin membagikan  foto profil dengan user yang ada di daftar kontak, pilih opsi “My Contacts”. Secara otomatis, foto profilmu akan disembunyikan dari orang lain.
  6. Tidak berhenti sampai di situ. Ketika kamu memilih opsi “My Contacts”, Telegram akan memberikan dua opsi tambahan: “Always Allow” dan “Never Allow.”
  7. Opsi “Always Allow” membuatmu bisa menambahkan user atau grup yang bisa melihat foto profilmu. (Berlaku pula untuk user yang tidak ada di daftar kontak). Ketuk tombol “Always Allow”, lalu cari dan tambahkan kontak, user, atau grup. Kamu bisa mencari kontak berdasarkan username. Ketuk ikon centang untuk menyimpan pilihan.
  8. Dengan cara yang sama, kamu bisa memilih opsi “Never Allow” dan menambahkan kontak, user, atau grup yang ingin dibuat tidak bisa melihat foto profilmu. Setelah mencari dan menambahkan kontak, user, atau grup yang ingin diatur demikian, ketuk ikon centang untuk menyimpan pilihan. 
  9. Setelah selesai mengutak-atik pengaturan, ketuk ikon centang di sudut kanan atas untuk menyimpan pengaturan. 

Selesai! Nah, foto profilmu di Telegram pun akan tersembunyi dari user yang telah dipilih.

Selamat mencoba!

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *