Fitur Baru Google Pixel Bisa Ukur Detak Jantung Pakai Kamera

Belakangan ini, semakin banyak perusahaan teknologi yang menyematkan fitur terkait kesehatan pada perangkatnya. Seperti Google, yang berencana menambahkan dua fitur kesehatan untuk ponsel Pixel dan ponsel Android lainnya. Fitur kesehatan terbaru itu akan bisa membaca detak jantung dan pernapasan hanya melalui kamera. 

Baca Juga: Ingin Sembunyikan Aplikasi di iPhone? Begini Caranya

Nantinya, fitur tersebut bisa diakses lewat aplikasi Google Fit yang bisa diunduh di ponsel. Sebagai catatan, kedua fitur kesehatan tersebut hanya bisa digunakan untuk memonitor kesehatan pengguna, dan tidak bisa mengevaluasi atau mendiagnosa kondisi medis.

Mengukur tingkat pernapasan dengan aplikasi Fit sangatlah mudah. Pengguna cukup mengarahkan kamera depan ponsel mereka ke  arah kepala dan dada. Biasanya, dokter mengukur tingkat pernapasan pasien dengan melihat naik turunnya dada pasien, dan prosedur itulah yang ingin ditiru Google.

Foto: TechCrunch

“Teknik machine learning yang kita manfaatkan pada dasarnya mencoba meniru hal itu,” tutur Product Manager Google Health Jack Po, sebagaimana dikutip dari The Verge, Jumat (5/2).

Kemudian, pengukuran detak jantung bisa dilakukan dengan menaruh jari di kamera belakang. Monitor detak jantung buatan Google yang digunakan pada fitur ini mirip dengan fitur yang terdapat di beberapa ponsel Galaxy terdahulu, seperti Galaxy S10. Namun, fitur tersebut kini sudah tidak digunakan.

Sumber: Google

Data detak jantung dari aplikasi Google ini memang tidak begitu komprehensif jika dibandingkan dengan data yang diperoleh dari perangkat wearable, yang memang bisa digunakan untuk memonitor detak jantung secara terus menerus sepanjang hari. Namun, dengan adanya fitur serupa di ponsel, Google berharap makin banyak orang bisa memanfaatkannya.

“Banyak orang, terutama di kelas ekonomi yang kurang beruntung saat ini, tidak memiliki perangkat seperti wearable, tapi masih akan mendapatkan manfaat dari kemampuan untuk mengukur tingkat pernapasan, detak jantung, dan lain-lain,” ujar Po.

Fitur deteksi detak jantung dan pernapasan ini baru akan dirilis ke smartphone Pixel pada bulan ini. Sebelum menyematkan fitur ini ke ponsel Android selain Pixel, tim Google akan mempelajari cara kerja kedua fitur ini terlebih dahulu. 

Baca Juga: Jarang Bicara, Konten YouTube Liziqi Dapat Miliaran Rupiah

“Kami ingin memastikan bahwa pengujian yang ketat dilakukan sebelum dirilis ke perangkat lain,” pungkas Technical Lead Google Health, Jiening Zhan.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *