Wakil Ketua III Satgas COVID-19 : Masyarakat Masih Belum Patuh Terhadap Protokol Kesehatan

BeritaNasional.ID – SITUBONDO – Rapat koordinasi dan evaluasi Satgas COVID-19 Kabupaten Situbondo dengan Satgas COVID-19 Kecamatan. Dalam rapat koordinasi tersebut, Satgas COVID-19 kecamatan memaparkan tentang kondisi zona merah yang ada di wilayahnya, Rabu (4/2/2021).

Keterangan yang disampaikan Wakil Ketua III Satgas COVID-19 Kabupaten Situbondo Drs. H. Syaifullah MM menjelaskan bahwa, rapat koordinasi dan evaluasi penanganan COVID-19 dengan Satgas COVID-19 kecamatan se Kabupaten Situbondo ini membahas tentang menekan angka penyebaran COVID-19 di wilayah kecamatannya masing-masing.

“Tadi Satgas COVID-19 kecamatan kita minta untuk presentasi atau pemaparan terkait keberhasilan dan  kegagalan dalam penanganan COVID-19 di daerahnya masing-masing. Selain itu, kita juga minta kepada Satgas COVID-19 Kecamatan untuk memetakan zona-zona penyebaran COVID-19 di wilayahnya masing-masing,” ujar H. Syaifullah usai mengikuti rapat koordinas dan evaluasi Penanganan COVID-19 yang berlangsung di Room Intellegence Lantai II Pemkab Situbondo.

Lebih lanjut, Syaifullah mengatakan bahwa, Satgas COVID-19 Kabupaten Situbondo meminta kepada Satgas COVID-19 Kecamatan melakukan pemetaan hingga tingkat RT. “Dalam pemetaan tingkat RT ini, kita ingin mengetahui kontribusi apa yang menyebabkan meningkatnya penyebaran COVID-19 tersebut,” jelasnya.

Menurut keterangan para camat yang melakukan pemaparan penanganan COVID-19 tadi, imbuh Sekda Syaifullah, ada beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya penularan atau penyebaran COVID-19 di Kabupaten Situbondo, diantaranya masyarakat masih kurang patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19, seperti tidak pakai masker dan berkerumun serta tenaga kerja luar yang masuk Situbondo.

Berdasarkan pemetaan-pemetaan yang sudah dilakukan oleh para camat tersebut, ada beberapa kesimpulan yang menyebab tingginya angka penularan COVID-19 di Kabupaten Situbondo, salah satunya masyarakat masih belum patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19. “Untuk itu, kita akan memperketat atau lebih gencar lagi melakukan operasi Penegakan Disiplin Prokes COVID-19 dan mengatifkan kembali portal-portal di wilayah zona merah COVID-19,” tutur Sekda Syaifullah.

Tak hanya itu yang disampaikan Syaifullah, namun Satgas COVID-19 Kabupaten Situbondo mensarankan agar Satgas COVID-19 Kecamatan kembali mengaktifkan Kampung Tangguh dan kembali membuka posko-posko di wilayah yang masuk zona merah. “Kita punya pengalaman saat awal-awal pandemi COVID-19 melanda Kabupaten Situbondo. Contoh, saat pandami COVID-19 menyerang masyarakat Desa Olean dan masyarakat Desa Tenggir, Satgas langsung melakukan karantina terhadap masyarakat yang terkonfirmasi postif COVID-19 di gedung observasi Pasir Putih. Hasilnya, hingga saat ini tidak berkembang penularan COVID-19 di dua desa tersebut,” pungkasnya.

The post Wakil Ketua III Satgas COVID-19 : Masyarakat Masih Belum Patuh Terhadap Protokol Kesehatan appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *