Tidak Bisa Gunakan Instagram Music? Ini Caranya!

Foto: JalanTikus

Teknologi.id – Fitur Instagram Music sebeneranya sudah hadir dari tahun 2018. Namun, seringkali ketika menjumpai fitur tersebut kita menemukan pemberitahuan berupa “Instagram Music isn’t Available in Your Region”. Oleh karenanya, tidak semua negara dapat menikmati fitur tersebut. 

Instagram Music menyediakan berbagai lagu yang dapat kita pilih, dan tentunya bebas dari copyright. Dengan fitur ini, kita tidak perlu repot-repot lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Spotify, Soundcloud, Joox, dan berbagai aplikasi pemutar musik lainnya. 

Namun, fitur Instagram Music ini tidak dapat dinikmati seluruh negara, salah satunya Indonesia. Oleh karenanya, ini dia cara agar dapat menggunakan fitur Instagram Music di ponsel kamu.

Baca juga: Menyesal Hapus Postingan di Instagram? Restore Aja!

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar dapat menggunakan fitur Instagram Music. Menggunakan VPN adalah salah satu cara agar dapat menggunakan fitur Instagram Music. Seperti yang telah dijelaskan, terdapat beberapa negara yang tidak dapat menggunakan fitur Instagram Music, salah satunya adalah Indonesia. 

Dengan menggunakan VPN, kita dapat mengganti lokasi region dari smartphone kita. Dengan begitu, Instagram akan men-detect negara kita sebagai negara yang support akan fitur Instagram Music. 

Setelah menggunakan VPN, maka fitur Instagram Music akan muncul di menu yang ada dalam Story kamu dan dapat langsung digunakan. 

Foto: Unsplash

Baca juga: Kecanduan Gadget? Berikut Ciri dan Cara Mengatasinya

Kamu dapat menikmati fitur tersebut langsung. Hanya tinggal merekam video untuk story seperti biasanya. Lalu, selanjutnya buka menu stiker yang berada di atas, dan pilih menu musik.

Setelahnya, akan muncul beberapa opsi lagu yang dapat dipakai. Terdapat pula beberapa pengurutan seperti popular, moods, dan genres. Atau, kamu bisa mencari musik yang kamu ingin gunakan dengan menggunakan fitur search. 

Setelah memilih lagu, kamu dapat mengatur bagian mana yang ingin dimasukan dalam story tersebut. Selain itu, durasi pada lagu tersebut juga dapat diatur sesuai dengan keinginan.

Lalu, atur posisi dan ukuran dari stiker musik sesuai dengan keinginan. Selain itu, bentuk dari stiker musik dapat diatur juga dengan cara mengetuk stiker tersebut. Jika semua sudah pas, klik done dan upload story mu agar dapat dilihat oleh teman-teman yang lain.

Mudah bukan? Namun sebelumnya, pastikan kamu sudah menggunakan VPN dan mengatur region smartphone kamu agar dapat menggunakan fitur ini ya!

(MIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *