Nike FlyEase, Sebuah Terobosan Baru dalam Memakai Sepatu

Foto: Nice Kicks

Teknologi.id – Pada 1 Februari 2021, Nike merilis sepatu yang didedikasikan untuk orang-orang berkebutuhan khusus. Sepatu yang diberi nama The FlyEase ini dapat membantu penggunanya untuk tidak perlu menggunakan tangannya sama sekali atau hands-free.

Dikutip dari website Nike, pada hari Rabu (3/2). seorang remaja berusia 16 tahun bernama Matthew Walzer telah menginspirasi Nike untuk membuat sepatu dengan teknologi hands-free tersebut. Pada tahun 2012, Matthew Walzer yang merupakan penyandang Cerebral Palzy mengirimkan surat kepada Nike. Melalui suratnya, Matthew Walzer memberi tahu Nike bahwa mimpinya adalah untuk pergi ke perguruan tinggi tanpa khawatir seseorang harus mengikat tali sepatunya setiap hari. Menurut Nike, Walzer lahir prematur dua bulan dengan paru-paru yang kurang berkembang sehingga menyebabkan ia menyandang Cerebral Palsy.

“Pada usia 16 tahun, saya bisa berpakaian sendiri sepenuhnya, tetapi orang tua saya masih harus mengikat tali sepatu saya. Sebagai remaja yang berjuang untuk menjadi mandiri sepenuhnya, saya merasa ini sangat membuat frustrasi dan, terkadang, memalukan,” tulis Matthew Walzer.

Foto: Nike News

Surat remaja itu menginspirasi Tobie Hatfield untuk membuat sepatu basket yang sesuai dengan kebutuhan spesifiknya. Pada tahun 2012, Nike mengirimkan desain Hatfield kepada Walzer agar ia dapat mengenakan sepatu tanpa meminta bantuan orang lain. Tentu, Walzer sangat senang dengan hadiah yang ia dapat dari Nike.

“Tim desainer berbakat Anda telah dengan cermat menciptakan sepatu yang untuk pertama kalinya dalam hidup saya, dapat saya pakai sendiri. Saat saya mengenakan sepatu setiap pagi, mereka memberikan rasa kemandirian dan pencapaian terbesar yang pernah saya rasakan, “kata Walzer saat itu.

Tak berhenti sampai disitu, Hatfield terus merancang sepatu untuk membantu orang lain dengan kebutuhan khusus. Selama setengah dekade terakhir, Nike telah bereksperimen dengan berbagai solusi untuk menciptakan sepatu yang dapat digunakan tanpa tangan.

Sehingga, walaupun telah dirilis pada tahun 2015, baru tahun ini Nike dapat merilis desain inovasi terbaru Nike FlyEase yaitu Nike Go FlyEase. Inovasi tersebut berupa sepatu yang bisa menekuk di tengah sehingga memudahkan ketika dipakai dan dilepas.

Nike Go FlyEase menggunakan engsel bi-stable. Sehingga, saat akan dipakai, kaki hanya perlu didorong masuk ke dalam sepatu tanpa perlu membungkuk. Saat akan melepas, pengguna cukup injak sedikit bagian belakang sepatu dan sepatu akan terlepas dengan mudahnya.

Foto: Mashable

Tak hanya untuk pengguna berkebutuhan khusus, sepatu ini juga disempurnakan agar bisa dipakai semua kalangan mulai ibu-ibu yang sibuk, orang dengan obesitas, atau bahkan mereka yang suka kepraktisan.

Baca juga: Menyesal Hapus Postingan di Instagram? Restore Aja!

Rencananya sepatu tersebut akan dijual seharga 120 dolar Amerika dan akan tersedia untuk konsumen tertentu pada pertengahan Februari. 

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *