MediaTek Rilis Modem M80 5G, Cepat dan Hemat Daya

 MediaTek meluncurkan chip modem 5G pertamanya yaitu M80 yang mengintegrasikan teknologi mmWave dan sub-6 GHz 5G ke dalam satu chip.

M80 mendukung arsitektur non-standalone (NSA) dan standalone (SA), dengan kecepatan puncak 7,67 Gbps untuk downlink dan 3,76 Gbps untuk uplink.

Modem ini juga mendukung dual 5G SIM, dual 5G NSA dan jaringan SA, selain itu juga mendukung Voice over New Radio (VoNR) untuk konektivitas yang lebih andal.

Baca juga: 3 Flagship Baru Xiaomi Disebut Pakai Chip Snapdragon Seri 8

Modem ini ditargetkan untuk smartphone kelas menengah sehingga harganya lebih terjangkau. Selain itu adanya dua tipe koneksi maka pengguna dapat memilih jaringan yang lebih baik di antara dua tipe tersebut di lokasinya.

MediaTek mengumumkan ponsel dengan modem M80 bakal tersedia di pasaran tahun ini, tetapi belum diketahui waktu perilisannya.

Selain smartphone, modem ini juga bisa dipasang di PC, Mi-Fi, broadband customer premise equipment (CPE), dan perangkat IoT industri.

Baca juga: Jeff Bezos Tak Lagi Jadi CEO Amazon

Dikutip dari Detik hari Rabu 03 Februari 2021, M80 menawarkan dukungan kepada operator di seluruh dunia untuk berbagai teknologi akses radio di antaranya 3GPP Release 16 standard, Sub-6 GHz and mmWave dual connectivity and carrier aggregation, 5G NR (FR1) with more than two carrier aggregation, 5G mmWave (FR2) up to 8CC, 5G carrier aggregation with Mixed Duplex (TDD + FDD), dan Dynamic spectrum sharing (DSS) ready.

M80 mengintegrasikan teknologi 5G UltraSave dari MediaTek yang dapat menghemat daya dari perangkat. Teknologi UltraSave Network Environment Detection dan UltraSave OTA Content Awareness dapat menyesuaikan konfigurasi daya dan frekuensi pengoperasian berdasarkan lingkungan jaringan.

Baca juga: Genjot Volume Produksi, AMD Gandeng Samsung untuk Bikin Chip

MediaTek M80 juga mengaplikasikan teknologi Dynamic Bandwidth Part (BWP) untuk mengoptimalkan penggunaan bandwidth saat terdapat koneksi data baik itu ringan atau berat.

Selain itu, dengan teknologi Connected Mode DRX (C-DRX) M80, modem secara teratur akan tetap diberi daya dalam keadaan siaga yang terhubung bahkan ketika tidak memakai data internet.

(fpk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *