Kelompok Perempuan Patas Asri Kelola Daun Singkong Menjadi Bahan Pangan

BeritaNasional.ID – SITUBONDO – Ditengan Pandemi COVID-19 yang masih melanda Kabupaten Situbondo, Kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari (Patas Asri) di Dusun Krajan Timur, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo yang diketuai oleh di ketua Agustina Restu Ningsih, mengelola daun singkong menjadi dengdeng daun singkong, Rabu (3/2/2021).

“Untuk pemulihan ekonomi masyarakat pada masa pandemic COVID-19 ini, saya bersama kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari (Patas Asri) membuat olahan daun singkong menjadi dengdeng daun singkong yang di jual secara online,” terang Agustina Restu Ningsih Ketua Kelompok Patas Asri.

Lebih lanjut, Agustina menjelaskan, bahwa, daun singkong itu mudah didapat, karena banyak ditanam di pekarangan masyarakat. Selain itu, bahan-bahan lainnya juga mudah di dapat juga hasil penjualan dari dendeng daun singkong ini untungnya dua kali lipat. “Dimasa pandemik ini, kita harus kreatif memunculkan ide dan mempertahankan ketahanan pangan, demi mendapat penghasilan,” Agustina.

Tak hanya itu yang disampaikan Agustina. Akan tetapi, dia juga menjelaskan bahwa penjualannya dilakukan secara online dan pemesannya dari daerah Jember, Madura, Yogyakarta, Solo, Tenggerang, dan Kalimantan. “Harga per ons, kita jual Rp.6000,-. Sedangkan, pesanan setiap minggunya bisa mencapai 20 hingga 30 kilo gram,” pungkasnya.

Sementara itu, Elok Mufida, SP, MP, Kepala Bidang Komsumsi Penganekaragaman dan Keamanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari Kabupaten Situbondo mengatakan, ide kreatif yang dilakukan Kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari perlu mendapat dukungan. Lebih-lebih saat ini masih dalam Pandemik COVID-19. “Oleh karena itu, kita dukung ide kreatif Kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari yang membuat daun singkong menjadi bahan makanan dengdeng daun singkong tersebut,” jelas Elok.

Elok menambahkan, rasa dan komposisi dengdeng daun singkong enak dan layak dikomsumsi. Selain, pembuatannya menggunakan bahan-bahan natural pengelolaannya juga sudah hegaenis, sehingga layak menjadi komsumsi masyarakat. “Daun Singkong mengandung zat besi yang bermanfaat untuk Kesehatan tubuh. Daun singkong mengandung serat dan beberapa nutrisi penting seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, C, B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi,” terangnya.

Dari semua kandungan itu, sambung Elok, terdapat protein, vitamin A, serat, dan vitamin C. Kandungan protein dalam daun singkong disebut-sebut setara dengan protein pada telur dan mengandung lebih dari 60 persen asam amino esensial. “Harapan kami, Kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari ini terus memproduksi bahan pangan menjadi bahan makanan yang layak komsumsi,” pungkasnya.

Dilain pihak, Babinsa Sumberkolak, Koramil 05/Panarukan Sertu Eko Wahyudi selaku pendamping Kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari di Dusun Krajan Timur, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo tersebut mengatakan bahwa, ide kreatif yang di lontarkan Kelompok Perempuan Patas Asri tersebut, perlu mendapat dukungan dari berbagai sektor.

“Kita sudah mendampingi Kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari sudah cukup lama. Ide-ide kreatifnya Kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari ini juga sering menjuarai mengelola bahan pangan menjadi produksi pangan di tingkat kabupaten. Kami selaku pendampin sangat bangga dengan Kelompok Perempuan Pemanfaatan Pekarangan Lestari ini,” pungkas Babinsa Desa Sumberkolak.

Babinsa Desa Sumberkolak saat membantu mengolek bumbu untuk dendeng daun singkong (Heru Hartanto)

The post Kelompok Perempuan Patas Asri Kelola Daun Singkong Menjadi Bahan Pangan appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *