BOE Patenkan Display untuk Bantu Tuna Netra 'Rasakan' Gambar

Bagi orang-orang dengan gangguan penglihatan, sentuhan menjadi salah satu cara yang dapat mereka lakukan untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Hal ini menjadi penjelasan mengapa braille menggunakan titik-titik yang menonjol. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini sistem taktil dalam braille itu sendiri tidak banyak mengalami perkembangan.

Baca Juga: Dapatkah Mesin Waktu Diciptakan?

Perangkat elektronik berbasis braille yang tersedia saat ini sungguh mahal harganya. Ketersedian serta jenis konten yang dapat ditampilkan pun sangat terbatas. Namun, segalanya bisa berubah di masa depan jika paten yang baru-baru ini didapatkan BOE tersedia di pasaran. 

Blog teknologi asal Cina, ITHome, melaporkan bahwa sebuah perusahaan yang memproduksi layar di Cina telah mempatenkan solusi teranyar yang melampaui teknologi yang telah ada saat ini. Tidak seperti teknologi layar saat ini yang kontennya terbatas dan performanya cukup lambat, solusi yang ditawarkan BOE lebih cepat dengan fungsi yang lebih beragam. 

Dilansir dari Gizmochina, Selasa (2/2), teknologi tersebut hadir dalam dua perangkat: perangkat utamanya berupa layar sentuh yang bekerja dengan perangkat lain yang lebih kecil dan dipasangkan pada jari.

Ketika pengguna menggunakan perangkat taktil kecil dan melewatkan tangannya di atas perangkat sentuh yang menampilkan suatu gambar, sensor akan mentransmisikan informasi kepada perangkat taktil tersebut dalam bentuk haptic feedback. Pengguna pun dapat ‘merasakan’ gambar yang sedang ditampilkan.

Solusi ini disebut dapat membantu orang-orang dengan gangguan penglihatan tidak hanya berinteraksi dengan tulisan, tetapi juga dengan bentuk dan gambar pada umumnya.

Masih belum dapat dipastikan apakah solusi dari BOE ini dapat dibuat ke dalam layar sentuh lain. Jika iya, produsen dapat mengadopsi teknologi tersebut dan menyematkannya ke perangkat umum lain yang didesain untuk orang-orang yang dapat melihat, sehingga para pengguna dengan gangguan penglihatan dapat pula menggunakan perangkat serupa.

Baca Juga: Honda PCX 160, Punya USB Type-C dan Fitur seperti Goldwing

Paten BOE ini baru saja dipublikasikan pada 26 Januari. Namun, belum ada bocoran mengenai rencana selanjutnya dari perusahaan ini. 

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *