Perubahan Perilaku Masyarakat, Kunci Penanganan Pandemi

MURAL EDUKASI CEGAH COVID-19

Pelaksaanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih berlangsung hingga 8 Februari 2021. Tingkat kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak di tengah masyarakat secara mingguan, mengalami kenaikan. Namun, kenaikan ini belum sebanding dengan tingkat kepatuhan rata-rata saat di awal upaya monitoring perubahan perilaku pada September dan Oktober 2020 lalu.

Hal ini dijelaskan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19  Wiku Adisasmito dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Gedung BNPB yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden (21/1/2021). Ia menjelaskan hasil monitoring perubahan perilaku yang menunjukkan rata-rata kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak tingkat nasional selama penerapan PPKM.

“Rata-rata kepatuhan protokol kesehatan minggu lalu, cenderung meningkat dibandingkan 2 Minggu sebelumnnya. Yaitu dari 50, 27 persen, menjadi 62, 46 persen atau naik sebesar 12, 19 persen, dalam memakai masker, ” ungkapnya.

Untuk tingkat kepatuhan menjaga jarak, persentasenya naik dari 35, 98 persen menjadi 53, 09 persen atau mengalami kenaikan sebesar 17, 11 persen. Dibandingkan kepatuhan di awal monitoring perubahan …

Selengkapnya : Perubahan Perilaku Masyarakat, Kunci Penanganan Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *