Keluarga yang Tahan Banting, Kunci Kekuatan Lalui Pandemi

CHINA-HEALTH/JAPAN-SHIP

Keluarga merupakan unit sosial terkecil pada inti masyarakat yang sangat penting ketika menghadapi pandemi. Saat ini, peningkatan kasus justru secara signifikan muncul dari unit sosial terkecil tersebut. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sony Harry B Harmadi menyebutkan 40, 1 persen kasus di Jakarta berasal dari klaster keluarga.

“Kami sudah selalu ingatkan, kalaupun harus pergi maka pergilah dengan orang yang serumah saja. Tapi masalahnya, sebaliknya. Ini yang menyebabkan ternyata di klaster keluarga terjadi peningkatan penularan virus Corona, ” ujar Sony dalam diskusi daring dengan Katadata, beberapa waktu lalu.

Persoalan ini sebetulnya dapat dicegah dengan penguatan perilaku dari dalam keluarga. Menurut Erna Rochana dalam publikasi yang bertajuk “Covid-19 & Disrupsi: Tatanan Sosial Budaya, Ekonomi, Politik, dan Multi (Catatan Akademisi, Jurnalis, Aktivis, dan Diaspora)”, kelentingan keluarga sangat penting di masa pandemi. Kelentingan keluarga menunjukkan suatu situasi keluarga yang fleksibel, kuat, dan tidak rapuh.

Selengkapnya : Keluarga yang Tahan Banting, Kunci Kekuatan Lalui Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *